Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan penentuan posisi pemain untuk cabang olahraga sepak bola, yang terdiri dari posisi penyerang, bertahan, gelandang dan kiper. Metode Naïve Bayes digunakan jika pelatih telah memiliki data pemain terdahulu dan metode Profile Matching digunakan jika telah memiliki nilai standar pelatih. Kriteria penilaian yang digunakan yaitu Dribbling, Passing, Crossing, Shooting, Accelaration, Agility, Stamina, Jumping, Aggression, Composure, Creativity, Decisioning, Positioning, Marking dan Teamwork. Hasil akhir dari sistem ini adalah menghasilkan rekomendasi daftar ranking pemain dari setiap posisi. Peneliti melakukan pengujian white box dengan teknik basis path testing membuat perkiraan logika yang kompleks untuk mendefinisikan aliran eksekusi dan pengujian black box dengan teknik equivalence partitioning dengan teknik pengujian yang membagi domain input, menentukan kasus pengujian dengan mengungkapkan kelas-kelas kesalahan. Dari pengujian kelayakan sistem yang dilakukan menggunakan kuesioner didapatkan persentase perkategori yaitu 88.25% untuk variabel tampilan, 85.5% untuk variabel kemudahan pengguna, dan 87% untuk variabel kerja sistem.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sartika, D., Andreswari, D., & Anggriani, K. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Posisi Ideal Pemain Dalam Cabang Olahraga Sepak Bola Dengan Menggunakan Pendekatan Dua Metode Naive Bayes dan Profile Matching. Rekursif: Jurnal Informatika, 4(3). https://doi.org/10.33369/rekursif.v4i3.1000

Referensi

  1. Atiq, Ahmad. (2012). Tingkat Keterampilan Tehnik Dasar Sepakbola LPI SMP 3 Pontianak Tahun 2012. Universitas Negeri Semarang, 34-36.
  2. Lingen, V. B. (1997). Coaching Soccer The Official Coaching Book of The Dutch Soccer Association. United States of America: Reedswain Inc.
  3. Cross, Kelly. (2013). The Football Coaching Process. Australia: Official FFA.
  4. Kusrini, & Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi Offset.
  5. Saleh, Alfa. (2015). Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Universitas Potensi Utama, 207-217.
  6. Kusrini, M.Kom. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Offset.
  7. Raharjo, Budi. (2015). Mudah Belajar PHP (Teknik Penggunaan Fitur-Fitur Baru Dalam PHP 5). Bandung : Informatika.
  8. Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika.
  9. Raharjo, Budi. (2011). Belajar Otodidak Pemrograman Web dengan PHP + Oracle. Bandung : Informatika Bandung.
  10. Widodo, P. P., & Herlawati. (2011). Menggunakan UML. Bandung: Informatika.
  11. Lewis, W. E. (2005). Software Testing and Continuous Quality Improvement Second Edition. United States of America: AUERBACH PUBLICATIONS.