Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Kebutuhan akan tersedianya program pengajaran berbasis komputer saat ini semakin meningkat. Hal ini sebabkan karena pembelajaran yang didapat di sekolah terkadang kurang menarik perhatian siswa. Salah satu media yang sangat menarik dan konkrit adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Maka dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi kendala-kendala yang ada. Dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS5 dan ActionScripst sebagai bahasa pemrogramannya, serta melakukan uji kelayakan dengan teknik likert scale. Dari hasil pengujian didapat bahwa presentase aspek tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 6,67%,baik 50,67%, dan sangat baik 42,67%, nilai rata-rata 4,34 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dijelaskan bahwa aplikasi ini telah layak untuk diimplementasikan sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Gaya, Fisika.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Gina Marianda, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.


Asahar Johar, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Eko Risdianto, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu.

Cara Mengutip
Marianda, G., Johar, A., & Risdianto, E. (2015). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika SMP Kelas VIII. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i2.312