Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Game puzzle merupakan game edukasi yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan motorik anak, melatih kesabaran, mengembangkan koordinasi mata, dan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, serta sebagai media dalam mengenalkan objek melalui gambar, misalnya gambar tentang keanekaragaman budaya Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi game edukasi pada platform android yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan pengenalan budaya Bengkulu bagi anak. Aplikasi ini memiliki tiga tingkat kesulitan, yaitu level mudah, level sedang, dan level sulit yang masing-masing level memiliki tujuh gambar puzzle yang berbeda. Tingkat Kesulitan dibedakan berdasarkan jumlah potongan puzzle yaitu 9 potongan puzzle pada level mudah, 16 potongan puzzle pada level sedang, dan 25 potongan puzzle pada level sulit. Gambar puzzle yang akan disusun diacak dengan menggunakan Linear Congruent Method dengan nilai konstanta a, c, dan m yang telah ditentukan sesuai dengan banyaknya potongan puzzle . Uji prestasi kemampuan pengguna menunjukkan bahwa (a) nilai rata-rata pre-tes( adalah 8.1 dan nilai rata-rata post-tes( ) adalah 9.44. Nilai t = -4.9 berada pada daerah penolakan H0 (  ) sehingga aplikasi ini memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan pengenalan budaya Bengkulu bagi anak; (b) waktu penyusunan puzzle pada level mudah, sedang dan sulit adalah  = 254 detik,   = 476 detik, dan  = 805 detik, hal ini menunjukan bahwa tingkat kesulitan telah sesuai dengan tingkatan level.

 

Kata kunci : Android, Edugame Slider Puzzle, Budaya Bengkulu, Linear Congruent Method

Rincian Artikel

Cara Mengutip
yani, elys candra, Susilo, B., & Coastera, F. F. (2016). RANCANG BANGUN APLIKASI EDUGAME SLIDER PUZZLE KEANEKARAGAMAN BUDAYA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM). Rekursif: Jurnal Informatika, 4(3). https://doi.org/10.33369/rekursif.v4i3.899