https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/issue/feed Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 2024-02-23T06:18:21+00:00 Elwan Stiadi jp2ms@unib.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) contains the results of scientific research related to efforts to improve the quality of mathematics learning at the elementary and secondary school levels, as well as analysis of difficulties and abilities in learning school mathematics.</p> <p>JP2MS was first published in August 2017 by the Department of Mathematics Education in collaboration with Unib Press, University of Bengkulu. JP2MS has been registered with <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2581-253X">eISSN 2581-253X</a> based on Decree no. 0005.2581253X/JI.3.1/SK.ISSN /2017 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2017.</p> https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/30756 PENINGKATAN PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL 2023-11-08T16:24:05+00:00 Amelia Shofie Maulida Baroroh amelia.ichsan2407@gmail.com Sri Hariyani srihariyani@unikama.ac.id Timbul Yuwono timbulyuwono@unikama.ac.id <p>Bersumber pada hasil observasi yang telah diadakan pada kelas VIII MTs Al Fatah Tumpukrenteng Turen, diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran yang dilakukan, siswa tidak terlalu aktif dan tidak memiliki motivasi yang cukup untuk mempelajari materi matematika, terutama Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Kondisi ini menyebabkan capaian belajar siswa rendah. Riset ini dilaksanakan untuk meningkatkan capaian akademik siswa melalui penggunaan strategi efektif metode <em>Student Facilitator and Explaining</em> (SFAE). Jenis riset pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena permasalahan muncul berasal dari praktek pembelajaran di MTs Al Fatah dan selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan baik sebelum maupun sesudah pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran SFAE tentang SPLDV membuat siswa senang dan tertarik, yang tercermin dalam hasil belajar mereka. Ketercapaian siswa pada siklus I mendapatkan jumlah skor 1.265 dan rata-rata 74,41. Hasil pembelajaran siswa selama siklus kedua mendapatkan jumlah skor 1.403 dan nilai rata-rata 82,52.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Amelia Shofie Maulida Baroroh, Sri Hariyani, Timbul Yuwono https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/31191 PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI STAD DI SMP SUNAN BONANG KRATON 2023-11-27T01:27:49+00:00 Amaliyah Mukmilah amaliyahmukmilah@gmail.com Andika Setyo Budi Lestari amaliyahmukmilah@gmail.com <p>Pembelajaran matematika sangat perlu diperhatikan sebab matematika bisa diartikan sebagai ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena termasuk ilmu yang universal. Proses pembelajaran juga harus beragam yang mana harus melibatkan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan di SMP Sunan Bonang Kraton dengan subjek sasarannya adalah kelas VII yang berjumlah 29 siswa dimana menerapkan model <em>Student Teams Achievement Division </em>(STAD). Model ini adalah suatu bentuk pembelajaran secara berkelompok. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang dilakukan pada tanggal 3 November dan 8 November. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Pembelajaran menggunakan model STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 77%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II, artinya pembelajaran menggunakan model STAD pada siklus II masuk dalam kategori tinggi.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Amaliyah Mukmilah, Andika Setyo Budi Lestari https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/31366 ANALISIS PENTINGNYA SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 14 KOTA SERANG PADA MATERI PYTHAGORAS 2023-12-09T13:18:19+00:00 Novaliyosi Novaliyosi 2225200081@untirta.ac.id Oom Romsih 2225200081@untirta.ac.id Evia Yunita 2225200081@untirta.ac.id Kiki Rizki Widiyastini 2225200081@untirta.ac.id Athiyyah Nur Rahma 2225200081@untirta.ac.id Syifa Subhiyati Syam 2225200081@untirta.ac.id Mita Mita 2225200081@untirta.ac.id <p><em>Self-efficacy</em> merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk berhasil dalam suatu tugas atau pelajaran tertentu. Materi Pythagoras adalah bagian penting dalam pembelajaran matematika, dan seringkali dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk memahami sejauh mana <em>self-efficacy</em> mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap materi Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pentingnya <em>self-efficacy</em> peserta didik di SMPN 14 Kota Serang pada materi Pythagoras. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 33 peserta didik kelas VIII G SMPN 14 Kota Serang. Kuesioner mengukur <em>self-efficacy</em> berdasarkan lima indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertinggi <em>self-efficacy</em> adalah 61,75%, yang dikategorikan sebagai "cukup baik" Secara khusus, dari 33 siswa yang mengisi kuesioner, tidak ada yang memiliki <em>self-efficacy</em> sangat rendah. Namun, sebanyak 33.33% peserta didik yang memiliki <em>self efficacy </em>cukup, 63.64% peserta didik yang memiliki <em>self efficacy </em>baik, 3.03% yang memiliki <em>self efficacy</em> sangat baik. Temuan ini memberikan pemahaman tentang tingkat self-efficacy peserta didik dalam menghadapi materi Pythagoras di SMPN 14 Kota Serang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat <em>self-efficacy</em> peserta didik. Peningkatan <em>self-efficacy</em> peserta didik dapat menjadi langkah penting untuk membantu mereka mengatasi kesulitan dalam memahami materi yang dianggap sulit, seperti Pythagoras dalam matematika.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Novaliyosi Novaliyosi, Oom Romsih, Evia Yunita, Kiki Rizki Widiyastini, Athiyyah Nur Rahma, Syifa Subhiyati Syam, Mita Mita https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/31487 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESETA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR 2023-12-09T13:09:51+00:00 Riva Aulia ernaisfayani@unimal.ac.id Maryana Maryana ernaisfayani@unimal.ac.id Erna Isfayani ernaisfayani@unimal.ac.id Fajriana Fajriana ernaisfayani@unimal.ac.id Wulandari Wulandari ernaisfayani@unimal.ac.id <p>Media Pembelajaran berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga peserta didik lebih praktis dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis <em>Guided Discovery Learning</em> pada materi Bangun Datar yang layak dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model 4D yaitu pendefinisian (<em>define</em>), perancangan (<em>design</em>), pengembangan (<em>develop</em>), dan penyebaran (<em>disseminate</em>). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, uji coba terbatas 6 peserta didik, dan uji coba lapangan 24 peserta didik. Hasil dari penelitian ini validasi ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 96,67 % dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan validasi ahli materi sebesar 89,14% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan dari hasil tanggapan atau pengisian angket kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa dengan persentase sebesar 86,44% dengan kriteria sangat praktis. Pada pengisian angket kelompok besar (24 siswa) dengan persentase sebesar 93,38% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik berbasis (LKPD) <em>Guided Discovery Learning </em>pada materi Bangun Datar kelas VII layak dan praktis digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran matematika.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Riva Aulia , Maryana Maryana, Erna Isfayani, Fajriana Fajriana, Wulandari Wulandari https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/27508 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOAL PENALARAN MATEMATIS PADA MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK KEMAMPUAN PENALARAN 2023-05-23T17:53:21+00:00 Sonia Anggraini Mundanti winda@umb.ac.id Winda Ramadianti winda@umb.ac.id Rahmat Jumri rahmatjumri92@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan soal penalaran matematis pada model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Head Together</em> (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X D SMAN 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (<em>quasi eksperimen</em>) dengan desain eksperimen dalam penelitian ini adalah <em>One-Group-Pretest-Postest</em> dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>cluster random sampling</em>. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X D SMAN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 22 siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model NHT. Kriteria pengujian, Ho ditolak jika nilai Asymp Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara<em> pretest</em> dan <em>posttest</em>. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah belajar dengan menerapkan soal penalaran matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Head Together</em> (NHT). Hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah 74,3182 % atau 74% termasuk dalam kategori efektif, dengan nilai N-gain score minimal 30% dan maksimal 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal penalaran matematis pada model pembelajaran kooperatif tipe <em>Numbered Head Together</em> (NHT) efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Sonia Anggraini Mundanti, winda ramadianti, rahmat jumri https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29391 PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS BENGKULU DAN TIDAK BERKONTEKS BENGKULU 2023-11-08T16:52:57+00:00 Lusiyanti lusiyanti110701@gmail.com Teddy Alfra Siagian teddysiagian@unib.ac.id Dewi Rahimah dewirahimah@unib.ac.id Ringki Agustinsa ringki@unib.ac.id Edi Susanto edisusanto@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu antara model <em>Problem Based Learning</em> berkonteks Bengkulu dan tidak berkonteks Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII H (kelas eksperimen 1) yang berjumlah 29 orang diberikan pembelajaran dengan model <em>Problem Based Learning</em> berkonteks Bengkulu dan VII I (kelas eksperimen 2) yang berjumlah 28 orang diberikan pembelajaran dengan model <em>Problem Based Learning</em> tidak berkonteks Bengkulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu antara model <em>Problem Based Learning </em>berkonteks Bengkulu dan tidak berkonteks Bengkulu. Meskipun nilai rata-rata siswa yang diberi pembelajaran dengan model <em>problem based learning</em> berkonteks Bengkulu lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model <em>problem based learning</em> tanpa konteks Bengkulu tetapi hasil yang didapatkan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Lusiyanti, Teddy Alfra Siagian, Dewi Rahimah, Ringki Agustinsa, Edi Susanto https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/31039 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA 2023-11-14T13:06:35+00:00 Yunitha Centriana Uskono justinesimarmata@unimor.ac.id Justin Eduardo Simarmata justinesimarmata@unimor.ac.id Ferdinandus Mone ferdimone@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video pembelajaran menggunakan pendekatan <em>discovery learning</em> guna meningkatkan pemahaman konsep Pola Bilangan dengan valid; menghasilkan video yang mudah diimplementasikan; dan menciptakan materi video yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tersebut. Penelitian ini mengadopsi metode <em>Research &amp; Development</em> (R &amp; D) dengan teknik pengumpulan data yang mencakup validasi, tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil validasi dari tiga validator yang mencapai 87,75%, tanggapan positif dari 25 siswa yang mencapai 76,3%, dan peningkatan signifikan dalam hasil post-test yang diperoleh oleh siswa.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Yunitha Centriana Uskono, Justin Eduardo Simarmata, Ferdinandus Mone https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/30669 ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA 2023-11-08T16:26:38+00:00 Maria Lidu justinesimarmata@unimor.ac.id Justin Eduardo Simarmata justinesimarmata@unimor.ac.id Eduardus Beo Seso Delvion justinesimarmata@unimor.ac.id <p>Matematika sering dianggap sebagai slah satu mata pelajaran yang sukar oleh sebagian besar siswa, sehingga memerlukan strategi yang dapat meningkatkan minat belajar mereka. Salah satu strategi yang dianggap efektif dalam menumbuhkan minat belajar siswa adalah melalui penggunaan media pembelajaran inovatif, yang dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan aplikasi Geogebra dengan materi persamaan garis lurus. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan sampel pada penelitian berdasarkan metode <em>purposive sampling</em>, yang berdasarkan pertimbangan peneliti. Sampel terdiri dari 30 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri Neonbat. Data yang digunakan untuk menilai efektivitas aplikasi Geogebra diperoleh melalui pemberian tes berupa 5 soal, sementara data untuk menganalisis minat belajar siswa menggunakan instrumen yang terdiri dari 25 pernyataan. Hasil analisis minat belajar siswa menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan siswa mencakup pernyataan positif, dengan persentase cukup berminat sebesar 53,34%, berminat sebesar 20%, dan sangat berminat sebesar 13,33%.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Maria Lidu, Justin Eduardo Simarmata, Eduardus Beo Seso Delvion https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/30907 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA KOGNITIF 2023-11-08T16:19:58+00:00 Fitria Mardika fitriamardika@uinib.ac.id Sity Rahmy Maulidya srahmym@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan gaya kognitif, yang terbagi menjadi field independent dan field dependent. Kemampuan pemecahan masalah yang dievaluasi mencakup empat indikator utama, yaitu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melakukan pengecekan kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 154 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kota Pariaman, dengan sampel sebanyak 64 orang yang dipilih secara acak. Sampel kemudian dikelompokkan berdasarkan angket gaya kognitif dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent. Namun, ditemukan bahwa peserta didik dengan gaya kognitif field dependent memperoleh nilai yang lebih tinggi pada indikator menyusun rencana pemecahan masalah jika dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Fitria Mardika, Sity Rahmy Maulida https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/31696 ANALISIS EFEK POTENSIAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP 2023-12-26T16:11:39+00:00 Rine Jesika nyayu.masyita@gmail.com Nyayu Masyita Ariani nyayu.masyita@gmail.com Masri nyayu.masyita@gmail.com <p>Penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa dengan media pembelajaran multimedia interaktif <em>macro media flash profesional</em> 8. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP kelas VIII di kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes diberikan dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Hasil penelitian menjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini memberi dampak potensial untuk pemahaman konsep matematis siswa.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Rine Jesika, Nyayu Masyita Ariani, Masri https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/32116 PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET ARITMATIKA 2023-12-29T11:26:51+00:00 Rora Rizki Wandini rorarizkiwandini@uinsu.ac.id Amandha Fhadillah Siregar amandafadillah.1906@gmail.com Fitri Ramadhani fitrisiregar2003@gmail.com <p><strong>Abstrak&nbsp;&nbsp; </strong></p> <p>Penelitian ini diharapkan dapat melihat kecukupan pemahaman berbasis isu terhadap hasil belajar siswa pada materi pengelompokan matematika. Metodologi yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah metodologi kuantitatif dengan jenis pemeriksaan eksploratif. Ujian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas uji coba. Siswa MP 1 sebagai kelas uji coba dan TI 1 sebagai kelas kontrol dalam ujiannya. Contoh jaminan dalam penelitian ini dilakukan secara sewenang-wenang. Peralatan yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah soal pre-test dan soal post-test. Hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa keaktifan pembelajaran gabungan isu terhadap hasil belajar siswa pada materi susunan juggling bilangan sangat penting jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran alamat. Berdasarkan hasil ujian tersebut, disarankan bagi guru untuk memanfaatkan issue based advanced sebagai jawaban dalam pembelajaran number-crunching di ruang belajar.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> <strong>: </strong><strong>Barisan Aritmatika, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research is expected to be able to see the adequacy of issue-based understanding of student learning outcomes in mathematics grouping material. The methodology used in this exploration is a quantitative methodology with an exploratory examination type. This exam uses two classes, namely the control class and the trial class. MP 1 students as the test class and TI 1 as the control class in the exam. The examples of guarantees in this research were carried out arbitrarily. The equipment used in this exploration is pre-test questions and post-test questions. These learning results show that the activeness of combined issue learning on student learning outcomes in the number juggling arrangement material is very important when compared with the learning outcomes of students who use address learning. Based on the test results, it is recommended for teachers to utilize issue based advanced as an answer in number-crunching learning in the study room.</em></p> <p><strong><em>Keywords : Arithmetic Sequence, Problem-Based Learnning,Learningoutcomes</em></strong></p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Rora Rizki Wandini, Amandha Fhadillah Siregar, Fitri Ramadhani https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29051 PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP 2023-11-08T16:33:13+00:00 Intan Tiara Sakti intantiarasakti18@gmail.com Zamzaili zamzaili58@gmail.com Teddy Alfra Siagian teddysiagian@unib.ac.id Hari Sumardi harisumardi@unib.ac.id Nur Aliyyah Irsal nuraliyyahirsal@unib.ac.id Tria Utari triautari@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>ex post facto</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C dan VII E dengan jumlah 39 orang yang dipilih dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes dengan instrumen lembar angket dan tes soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis kovarian. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai &nbsp;sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Intan Tiara Sakti, Zamzaili, Teddy Alfra Siagian, Hari Sumardi, Nur Aliyyah Irsal, Tria Utari https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29348 PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU 2023-11-08T16:51:54+00:00 Tri Atmajaya triatmamipa3@gmail.com Agus Susanta agussusanta@unib.ac.id Tria Utari triautari@unib.ac.id Edi Susanto edisusanto@unib.ac.id Della Maulidiya della.maulidiya@unib.ac.id <p>Salah satu visi pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 merupakan keterampilan penyelesaian masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa masi rendah ditunjukan oleh murid belum terbiasa menyelesaikan soal yang membutuhkan aspek memahami, merencanakan, menyelesaikan dan menyimpulkan. Kajian ini bertujuan agar melihat dampak <em>game</em> <em>based learning</em> pada keterampilan masalah murid terhadap pengetahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Analisis ini adalah kajian eksperimen semu. Analisis ini dijalankan pada SMP Negeri 18 Kota Bengkulu terhadap semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini memakai teknik <em>purposive sampling. </em>Subjek penelitian ini terdiri dari kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen yang memanfaatkan <em>game based learning</em> dengan banyak siswa berjumlah 28 siswa dan kelas VIII.6 menjadi kelasa kontrol yang memakai pendidikan lama dengan banyak siswa berjumlah 30 siswa. Instrumen yang dipakai dalam analisis ini merupakan lembar tes keterampilan penyelesaian masalah. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai , yakni serta nilai signifikan (2-<em>tailed</em>) cenderung tinggi oleh taraf signifikan yakni . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada <em>game based learning</em> pada keterampilan penyelesaian masalah murid terhadap pengatahuan lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tri Atmajaya, Agus Susanta, Tria Utari, Edi Susanto, Della Maulidiya https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/29330 PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 4 KOTA BENGKULU 2023-11-08T16:59:37+00:00 Rika Fransiska rikafransiska5366@gmail.com Ringki Agustinsa ringki@unib.ac.id Nurul Astuty Yensy nurulastutyyensy@unib.ac.id Dewi Rahimah dewirahimah@unib.ac.id Ratnah Lestary ratnah@unib.ac.id Effie Efrida Muchlis effie_efrida@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model <em>think pair share</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasi experiment research</em>) dengan desain <em>one group pretest-posttest design</em>. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara <em>purposive sampling</em> yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 &lt; taraf signifikan (α) = 0,05 dan nilai t<em><sub>hitung</sub></em> =11,742 &gt; t<em><sub>tabel</sub></em> 1,699 . Rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 44.93 dan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 75,87 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model <em>think pair share</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMAN 4 Kota Bengkulu.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rika Fransiska, Ringki Agustinsa, Nurul Astuty Yensy , Dewi Rahimah, Ratnah Lestary, Effie Efrida Muchlis https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/33204 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV 2024-02-23T06:18:21+00:00 Yusnia Yusnia yusnia92@unib.ac.id Ike Kurniawati ikekurniawati@unib.ac.id Neza Agusdianita neza.agusdianita@gmail.com Irfan Supriatna irfansupriatna@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran <em>pop up book</em> terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah lembar tes yang berjumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Pengolahan dan analisis data yang dilakukan meliputi penentuan skor soal analisis deskriptif, analisis uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis inferensial/hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji hipotesis motivasi belajar menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 2,859 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 serta nilai distribusi ttabel adalah 2,011. Sehingga thitung&gt; ttabel (2,959 &gt; 2,011) dan Sig.(2-tailed) 0,005 &lt; 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan pembelajaran Matematika berbantuan media pembelajaran <em>pop up book</em> terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 17 Kota Bengkulu.</p> 2023-12-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Yusnia Yusnia, Ike Kurniawati, Neza Agusdianita, Irfan Supriatna