Main Article Content

Abstract

The focus of this study was to examine the effect of Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) in
company’s annual report on Profitability Ratio and Earning Response Coefficient (ERC). The population of this
research is manufacturing firms listed in Indonesia Stock Exchange during 2013-2016. This is a quantitative
research which the data are analyzed by using multiple linier regression method. Profitability ratio, which in this
case assessed by proxy Return On Asset, Return On Equity and Net Profit Margin. The result of this research prove
that CSRD has significant positive effect on ROA and ROE. Beside, CSRD doesn’t influence NPM and ERC.
Therefore, this research was examine the effect of CSRD on profitability ratio and ERC with size and leverage as
control variable.


Keywords: Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD), Return On Asset, Return On Equity, Net Profit
Margin, Earning Response Coefficient, Size, Leverage.

Article Details

How to Cite
Tulhasanah, D., & Nikmah, N. (2019). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) TERHADAP RASIO PROFITABILITAS DAN EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC). Jurnal Akuntansi, 7(3), 1–16. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.7.3.1-16

References

  1. Adisusilo, Pramudito. 2011. Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Terhadap Earning Response Coefficients (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Dipublikasikan.
  2. Ajilaksana, I Dewa Ketut Yudyadana. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Dipublikasikan.
  3. Almar et.al. 2012. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis. Bandung, 27 Maret 2012.
  4. Andinata, Wawan. 2010. Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ekonomi. September 2010.
  5. Bidhari et.al. 2013. Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry Listed at Indonesia Stock Exchange. European Journal of Bisnis and Management. Vol. 5 (18). Malang.
  6. Candrayanthi, Alit dan Saputra, Darma. 2013. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 4 (1), 141-158.
  7. Cecilia et. al. 2015. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Simposium Nasional Akuntansi 18. Universitas Sumatera Utara, Medan. 16-19 September 2015.
  8. Daud, Rulfah M. dan Syarifuddin, Nur Afni. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Timeliness, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. Januari 2008. Vol. 1 (1), 82-101.
  9. Dewi, Dian Masita. 2015. The Role of CSRD on Company’s Financial Performance and Earnings Response Coefficient (ERC). Elsevier. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 211, 2015, 541 – 549.
  10. Ekadjaja, Agustin dan Bunadi, Edward. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi. November 2012. Vol. 12 (2).
  11. Febria, Ririind Lahmi. 2013. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
  12. Filemon, Christian Noel dan Krisnawati, Astrie. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol. 14. (3).
  13. Fahrizqi, A., 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan, Tesis Pascasarjana FE Undip. Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
  14. Fitri, Laila. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh dan Profitabilitas Terhadap ERC (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011). Skripsi. Dipublikasikan.
  15. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  16. Global Reporting Initiative (GRI) G4 Guideliness. http://www.globalreporting.¬org. Diakses pada hari Sabtu, 21 Januari 2017 pukul 15.54 WIB.
  17. Hana, Zerra Restavia Finandra. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
  18. Hardiansyah, Akhmad Nur. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Dipublikasikan.
  19. Hendrianto. 2012. Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Konservatisme Akuntansi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1 (3). Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya.
  20. Husnan, Ahmad dan Pamudji, Sugeng. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 2 (2), 2013.
  21. Jamaa’an. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Publik Yang Listing di BEJ). Universitas Diponegoro, Semarang.
  22. Jaswadi. 2003. Dampak Earning Reporting Lags Terhadap Koefisien Respon Laba. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.
  23. Kurnianto, Eko Adhy. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2008). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Dipublikasikan.
  24. Lako, Andreas. 2015. Berkah CSR Bukan Fiksi. Jakarta : La Tofi Enterprise Media.
  25. Martono, Cyrillius. 2002. Analisis Pengaruh Profitabilitas Industri, Rasio Leverage Keuangan Tertimbang DanIntensitas Modal Tertimbang Serta Pangsa Pasar Terhadap ROA dan ROE Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di Indonesia. Jurusan Ekonomi Akuntansi. Surabaya : Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.
  26. Melati, Rosa Aprilia dan Kurnia. 2013. Pengaruh Pengungkapan Informasi CSR dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient (ERC). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. 2013. Vol. 2 (12).
  27. Moradi, Nassim S., Aldin, Mahmood M., Heyrani, F., and Iranmhad, M. 2010. The Effect of Corporate Governance, Corporate Financing Decision and Ownership Structure on Firm Performance: A Panel Data Approach from Tehran Stock Exchange. International Journal of Economics and Finance. Vol. 4 (6), pp 86-93.
  28. Mulyani, Sri, dkk. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Juni 2007. Vol. 11 (11), 35-45.
  29. Murwaningsari, Etty. 2008. Pengujian Simultan: Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC). Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.
  30. Naimah, Zahroh. 2008. Pengaruh Risiko Perusahaan dan Leverage Terhadap Relevansi Nilai Laba Akuntansi.
  31. Naimah, Zahroh dan Utama, Siddharta. 2006. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan, dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas: Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.
  32. Nurlela, Rika dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak, 23-24 Juli.
  33. Nuryaman. 2013. The Effect of Corporate Social Responsibility Activities on Profitability and Stock Price (Studies on Company Listed on Indonesia Stock Exchange). Journal of 4th International Conference on Business and Econo¬mic¬ Research (4th ICIBER 2013) Proceeding. Bandung.
  34. Priyanka, Felyna. 2013. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap profi¬tabilitas Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.
  35. Putra, I Made Gunartha Dwi dan Dana, I Made. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan Farmasi di BEI. E-Jurnal Manajemen UNUD. Vol. 5 (11), 2016: 6825-6850 ISSN : 2302-8912.
  36. Puspaningrum, Yustisia. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.
  37. Restuti, MI Mita Dwi dan Nathaniel, Cecilia. 2012. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 3 (1) 2012, pp: 40-48.
  38. Riski, Petrus. 2014. Ecoton Laporkan Pencemaran Sungai Akibat Limbah Cair Tjiwi Kimia, dalam http://www.mongabay.co.id/2014/05/09/. Diakses pada hari Rabu, 21 Desember 2016 pukul 17.42 WIB.
  39. Rokhlinasari, Sari. 2016. Teori –Teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
  40. Sari et. al. 2016. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Dan Nilai Perusahaan (Studi Komparatif Pada Perusahaan Multinasional Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 39 (2). Oktober 2016.
  41. Sayekti, Y. Dan Wondabio, LS. 2007. Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.
  42. Scott, William R. 2000. Financial Accounting Theory. Second Edition. Canada : Prentice Hall.
  43. Sembiring, E.R., 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta, Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.
  44. Septiana, Shela. 2015. contoh Kasus Pelanggaran Etika Bisnis yang dilakukan Perusahaan di Dalam Negeri (Indonesia) dan Luar Negeri, dalam https://shelaseptiana.wordpress.com/2015/11/19/. Diakses pada hari Jumat, 28 April 2017 pukul 19.34 WIB.
  45. Setiadewi, K.A.Y. dan Purbawangsa, I.B.A. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Bali.
  46. Silalahi, Sem Paulus. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Beta, dan Price to Book Value Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi. Vol. 22 (1).
  47. Siregar, Ivana. 2013. Hubungan Antara Kinerja Lingkungan dan Kinerja Komite Audit dengan Kualitas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 4 (1), Hal. 63-81. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.
  48. Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
  49. Susilawati, Eli Dwi. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Penelitian. Sura¬karta : Universitas Muhamma¬diyah Surakarta.
  50. Syarifulloh, Rahmat. 2015. Analisis Peran Struktur Modal dan Risiko Sistematik dalam Memediasi Pengaruh Peluang Bertumbuh Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dipublikasikan.
  51. Utaminingtyas, Hesti, T. dan Ahalik. 2010. The Relationship between Corporate Social Responsibility and Earnings Response Coefficient: Evidence from Indonesian Stock Exchange. Oxford Business & Economics Conference Program. Oxford, 28-29 Juni.
  52. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
  53. Tanudjaja, Bing Bedjo. 2006. Perkembangan Corporate Social Responsibility di Indonesia. Jurnal Nirmana. Vol. 8 (2), 92-98.
  54. Widiastuti, Harjanti. 2008. Pengaruh Luas Pengungkapan Sukarela Terhadap Reaksi Investor. Simposium Nasional Akuntansi VI. 1314-1326.
  55. www.idx.com
  56. www.sahamok.com
  57. Yaparto et. al. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2 (2).
  58. ________. 2010. Profitabilitas, dalam http://www.unud-189-1361812911-babII.com. Diakses pada hari Jumat, 24 Maret 2017 pukul 22.26 WIB.
  59. ________. 2015. Diduga Penyebab Pencemaran, PT Indofood digeruduk Warga, dalam https://klipingbekasi.wordpress.com/2015/01/21/. Diakses pada hari Rabu, 21 Desember 2016 pukul 17.42 WIB.