Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara e-commerce terhadap kelangsungan usaha dan apakah ada hubungan Antara literasi keuangan terhadap kelangsungan usaha. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pemilihan sampel yaitu dengan metode purposive sampling.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahkorelasi dalam pengujian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengujian pada penelitian ini bahwa hipotesis pertama diterima,e-commerce memiliki hubungan terhadap kelangsungan usaha. Berdasarkan hasil pengujian pada penelitian juga diketahui hipotesis kedua diterima, literasi keuangan memiliki hubungan terhadap kelangsungan usaha. Dengan adanya penelitian tersebut membuktikan bahwa dengan adanya e-commerce dan literasi keuangan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha. Yang ditunjukan oleh perkembangan teknologi informasi membuat searang wirausahawan harus mampu menerapkan e-commerce dan memahami arti penting literasi keuangan dalam menjalankan usahanya. Kata kunci: e-commerce, literasi keuangan, kelangsungan usaha


Article Details

How to Cite
Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). HUBUNGAN E-COMMERCE DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA DI BOYOLALI. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.1-12

References

  1. Abubakar, H. A. (2015). Entrepreneurship development and financial literacy in Africa. Management and Sustainable Development Article information.
  2. Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis.
  3. Budi, S., & Dedy, E. (2013). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Mempertahankan Kelangsungan Usaha UKM (Studi pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu ). Jurnal Administrasi Publik.
  4. Chan, B., & Al-Hawamdeh, S. (2002). The development of e-commerce in Singapore. Business Process Management Journal.
  5. Eva, A. (2007). Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
  6. Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI).
  7. Karmawan, I. M., Sumdjaja, A. M., & Luhukay, D. (2010). ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PD. GARUDA JAYA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
  8. Kumar, S., & Petersen, P. (2006). Impact of e-commerce in lowering operational costs and raising customer satisfaction.
  9. Lacka, E., & Yip, N. K. (2018). "Revealing the effect of acculturation process on e-commerce acceptance: The case of intra-European acculturation. Industrial Management & Data Systems.
  10. Latifiana, D. (2016). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM).
  11. Liu, S.-P., Tucker, d., Koh, C. E., & Kappelman, L. (2001). Standard user interface in e-commerce sites. Industrial Management & Data Systems.
  12. Martinsons, M. G. (2006). Strategic management lessons from e-commerce. HANDBOOK OF BUSINESS STRATEGY.
  13. sugiong, M. Z. (2017). Digital entrepreneurship in a resource-scarce context: A focus on entrepreneurial digital competencies. Journal of Small Business and Enterprise Development.
  14. Oseifuah, E. K. (2010). Financial literacy and youth entrepreneurship in South Africa. African Journal of Economic and Management Studies.
  15. Polatoglu, V. N. (2007). Strategies that work – the case of an e-retailer in an emerging market. International Journal of Emerging Markets.
  16. Rahayu, Y., & Apristi. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlanjutan Umkm Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen.
  17. Rejeki, R. S., Utomo, A. P., & Susanti, S. S. (2011). Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan pada “Distro Smith” Berbasis E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume16.
  18. Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
  21. Triwijayanti, M. (2006). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Bandar Lampung. Jurusan Ilmu Ekonomi.
  22. Wahyuningrum, T., & Januarita, D. (2014). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kota Bandar Lampung.
  23. Yrle Sandra, A. C., Hartman, S. J., & Walsh, K. R. (2004). E-business: linking available services and entrepreneurs’ needs. Journal of Small Business and Enterprise Development.