Main Article Content

Abstract

Potensi perawat mengalami konflik cukup besar, konflik sebaiknya dapat dikelola dengan efektif menggunakan gaya manajemen konflik yang baik. Konflik yang tidak tertangani akan berdampak negatif pada lingkungan kerja yang kurang nyaman sehingga kepuasan kerja menjadi terpengaruh. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya manajemen konflik dengan kepuasan kerja perawat. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan 131 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil uji statistik menggunakan Chi-Square secara parsial dimensi gaya manajemen konflik didapat: Gaya kolaborasi (p-value = 0.001), gaya akomodasi (p-value = 0.007), gaya kompromi (p-value = 0.001), dan untuk gaya menghindar (p-value = 0.689), serta gaya kompetisi tidak terdapat hubungan yang signifikan (p-value = 0.257) dengan kepuasan kerja. Analisis secara total menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya manajemen konflik dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai p-value 0.001 (p<0.05). Untuk itu hendaknya seluruh perawat bersama-sama dapat menerapkan gaya manajemen konflik yang baik dalam menghadapi sebuah situasi dan pihak manajemen rumah sakit dapat memfasilitasi pelatihan/seminar terkait pengaplikasian gaya manajemen konflik agar tercapainya kepuasan dan produktivitas yang lebih baik.

Keywords

Manajemen Konflik Kepuasan Kerja Perawat

Article Details

How to Cite
Alvionita, D., & Siregar, T. (2024). Hubungan Gaya Manajemen Konflik dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Pasar Minggu. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 7(1). https://doi.org/10.33369/jvk.v7i1.28796

References

  1. Al-Hamdan, Z. et al. (2019). ‘The impact of emotional intelligence on conflict management styles used by jordanian nurse managers’, Journal of Nursing Management, 27(3), pp. 560–566. doi: 10.1111/jonm.12711.
  2. Asnawati, R. and Lihu, F. A. (2021). ‘Hubungan manajemen konflik dengan kinerja perawat di ruangan rawat inap RSUD Dr. Hasri Ainun Habibi provinsi Gorontalo’, Jurnal Zaitun Universitas Muhammadiyah Gorontalo, 6(1).
  3. Avsah Melida, Suratmi, N. H. Q. (2019). ‘Hubungan Kemampuan Pengelolaan Manajemen Konflik Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat’, Indonesian Journal of Global Health Research, 2(4), pp. 7–13. doi: 10.37287/ijghr.v2i4.250.
  4. Barahama, et al. (2019). ‘Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan Perawatan Dewasa Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Keperawatan, 7(1). doi: 10.35790/jkp.v7i1.22876.
  5. Basuki, D. (2018). Buku Ajar Manajemen Keperawatan Untuk Mahasiswa dan Praktisi (1st ed.). Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
  6. Damanik and Wani, D. (2019). ‘Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di RS Tentara Tk Iv 010701 Pematangsiantar’, Jurnal Keperawatan Priority, 2(1), pp. 64–73. Available at: http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/jukep/article/view/388.
  7. Doris, A. (2019). ‘Analisis Hubungan Manajemen Konflik Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk. III Reksodiwiryo Padang’, NERS Jurnal Keperawatan, 15(2), p. 155. doi: 10.25077/njk.15.2.155-162.2019.
  8. Fittri, N. and Kamil, H. (2018). ‘Hubungan Gaya Kepemimpinan Case Manager Dengan Relationship Leadership Style With Conflict Management’, Jim Fkep, IV(I), pp. 92–97.
  9. Hamdani, et al. (2022). ‘Pelatihan Bedside Handover Dan Conference Meningkatkan’, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 5(2).
  10. Hasibuan, M. S. . (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Hasibuan, S. M. and Bahri, S. (2019). ‘Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja’, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), pp. 71–80. doi: 10.30596/maneggio.v1i1.2243.
  12. Lahana, E. et al. (2019). ‘Conflicts management in public sector nursing’, International Journal of Healthcare Management, 12(1), pp. 33–39. doi: 10.1080/20479700.2017.1353787.
  13. Nopita Wati, et al. (2020). ‘Gambaran Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rsud Wangaya Denpasar’, Gaster, 18(2), p. 163. doi: 10.30787/gaster.v18i2.418.
  14. Pangetuti, et al. (2020). ‘Literatur Review : Penerapan Strategi Manajemen Konflik Oleh Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit’, pp. 1–20.
  15. Purnamasari, et al. (2019). ‘Analisis Komparatif Kepuasan Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ditinjau Berdasarkan Karakteristik Individu’, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA), 7(4), pp. 6057–6065.
  16. Setianingrum, et al. (2021). ‘Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Variabel Yang Berhubungan’, Journal Of Telenursing, 3(2), pp. 565–577.
  17. Sharma, et al. (2021). ‘Conflict Management Styles of Nurses at All India Institute of Medical Sciences , New Delhi , India’, Journal of Applied Sciences and Clinical Practice, 2(2), pp. 59–61. doi: 10.4103/jascp.jascp.
  18. Waltz, L. A. et al. (2020). ‘Exploring job satisfaction and workplace engagement in millennial nurses’, Journal of Nursing Management, (November 2019), pp. 673–681. doi: 10.1111/jonm.12981.
  19. Young, S, K & Kim, K, K. (2018). ‘Relationship of Conflict Management Style, Professional Autonomy, Role Conflict and Organizational Commitment of Nurses in General Hospitals’, Journal Korean Academy of Nursing Administration, 24(5), pp. 387–395. doi: 10.11111/jkana.2018.24.5.387.