Main Article Content

Abstract

Keluarga merupakan institusi pertama bagi anak, peran dan pola asuh orang tua sangat menentukan perkembangan kepribadian anak terutama pada perkembangan psikososial anak sekolah dasar usia 6 sampai 11 tahun. Perkembangan psikososial anak usia 6-11 tahun adalah pada tahap industry vs inferiority artinya anak sedang berada pada tahap menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan, anak menjadi kompetitif dan senang berada dalam kelompok dan berpartisipasi dalam kegiatan kelompok. Jika seorang anak tidak mampu melewati tahap perkembangan industry vs inferiority maka terjadilah penyimpangan perilaku dan anak menjadi rendah diri. Berdasarkan uraian diatas, terlihat betapa pentingnya model pola asuh yang dipakai orang tua terhadap perkembangan psikososial anak usia 6 - 11 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan tugas perkembangan psikososial pada anak SD usia 6 hingga 11 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  korelasi, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dengan instrument penelitian menggunakan kuisioner Pola Asuh Orang Tua. Data dianalisa hubungannya dengan menggunakan uji chi square atau kai kuadrat. Jumlah responden sebanyak 96 siswa dari kelas III sampai VI. Hasil yang didapatkan, p-value sebesar 0.000 (< 0.05 nilai taraf signifikansi). Data ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak sekolah dasar (SD) usia 6-11 tahun di Salatiga. Kesimpulan: Perkembangan psikososial anak dipengaruhi oleh pola asuh. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami jenis pola asuh yang paling sesuai untuk perkembangan psikososial anak saat ini.

Keywords

Pola Asuh Perkembangan Psikososial Anak

Article Details

How to Cite
Yeni Marlina, Desi, D., & Dary, D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia 6-11 Tahun di Salatiga. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 6(2), 218–227. https://doi.org/10.33369/jvk.v6i2.31417

References

  1. Andhini. 2017. Konsep diri Remaja Pada Masa Pubertas. J Chem Inf Model. Jurnal Antropologi Sumatera, 15(1), 252–258.
  2. Astuti E.S. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gejala Kenakalan Anak/Remaja Dan Penanggulangannya. Semarang. Jurnal Kesehatan Semarang, 15(1), 252–258.
  3. Baiduri, R., & Yuniar, A. (2017). Pola Pengasuhan Keluarga Etnis Jawa Hasil Pernikahan Dini Di Deli Serdang. Jurnal Antropologi Sumatera, 15(1), 252–258.
  4. Desi, D., Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala depresi Pada remaja di Sekolah Menengah Atas. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 30. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1144
  5. Djamarah SB. 2021. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Rineka Cipta. Lampung. (Vol. 3, Issue 1)
  6. Dudu, Y., Halis, F., Kusuma, D., Widiani, E., Program, M., Ilmu, S., Fakultas, K., Kesehatan, I., Tribhuwana, U., Malang, T., Program, D., Keperawatan, S., & Malang, P. K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Tahap Industry Vs Inferiority Anak Usia Sekolah. In Nursing News (Vol. 1, Issue 2).
  7. Erikson, Erik. 1963. Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Febriani D, Elita V, Utami S, Keperawatan F, Riau U. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja. Fak Keperawatan. Riau. ). J Chem Inf Model (Vol. 2, Issue 3).
  9. Handika H, Fadhilaturrahmi F. 2021. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Prososial Di Sekolah Dasar. J Basicedu. Malang. http://jurnal.konselingindonesia.com
  10. Hurlock, E. B. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  11. Kadir A. 2020. Pola Asuh Orang Tua (Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa). J Chem Inf Model. Semarang. Jurnal Kesehatan Semarang, 15(1), 252–258.
  12. Mufidatul Ummah D, Bun Y, Taib B. 2020. Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. J Ilm Cahaya Paud. Banjarmasin. Nursing News (Vol. 3, Issue 5).
  13. Muthmainnah M. 2017. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. J Pendidik Anak. Jakarta. Jurnal Keperawatan 12(4), 226–251.
  14. Ngewa HM. 2019. Jurnal Konseling Dan Pendidikan Konsep Diri Remaja Pada Masa Pubertas Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Pekan Baru http://jurnal.konselingindonesia.com. Jurnal Keperawatan 12(4), 387-108.
  15. Pangaribuan H, Arifuddin A, Lenny L. 2019. Hubungan antara Perkembangan Psikososial Remaja dengan Perilaku Bullying di SMAN 1 Tolitoli. Poltekita J Ilmu Kesehatan.
  16. Pujiastuti. 2016. Hu Thahir A. Buku Daras Psikologi Perkembangan. Jakarta. Ilmu Kesehatan Anak Jakarta. Issue 4) 2),5). 1(1), 30–38.
  17. Pramawati. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, (1), 87-92.
  18. Ramdhanu. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenalakan Anak Usia 611 Tahun Di Sdn Tlogomas 2 Malang. Malang Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Of Nursing), 5, (7), November 2019.
  19. Arsyad. 2020. Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Pembentukan Perilaku Agama dan Sosial. Aktual J Penelit Sos dan Keagamaan. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Of Nursing), 4, (3), November 2017.
  20. Ayun Q. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. Jurnal Keperawatan, 5, (1), Agustus 2017.
  21. Risfi, N. A. A, Hasanah M. 2020. Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Keberhasilan Prososial Siswa Tuna Grahita Ringan (C) Di Slb. C Kemala Bhayangkari 2 Gresik.
  22. Samosir R, Ranimpi YY, Dary. 2018. Hubungan Tipe Pengasuhan Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Remaja Usia Sekolah Dengan Intellectual Disability Di Salatiga. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.
  23. Santoso, D.Y.A.,dkk. Psychosocial Development Of School-Age Children. Proceedings of the International Conference on Nursing and Health Sciences. Volume 1 No 1. November 2020.
  24. Sasongko A. 2018. Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Kemandirian. Khatulistiwa Informasi. Samarinda. Jurnal Ilmu Keperawatan. 5, (1), Agustus 2018.
  25. Suharsono, J.T. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Sekolah Di Sd Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Of Nursing), 4, (3), November 2017.
  26. Thahir. 2019. Buku Daras Psikologi Perkembangan. Jakarta. Studi Ilmu Keperawatan, P., Studi Pendidikan jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jakarta, 15(1), 252–258.
  27. Untario. 2017. Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial tahap industry vs inferiority anak usia sekolah (6 – 12 tahun) di sdn tlogomas 1 kecamatan lowokwaru malang. Malang.
  28. Emiliza, Tiara. 2019. Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H.Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Bengkulu. Jurnal Ilmu Keperawatan Bengkulu. 5, (1), Agustus 2019.