Main Article Content
Abstract
Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) diberikan sesuai klasifikasi triage, sehingga waktu tanggap antara satu pasien dengan pasien lainnya berbeda. Peningkatan kunjungan ke IGD dapat menyebabkan penumpukan pasien, yang menciptakan ketidakseimbangan antara jumlah tenaga medis dan kapasitas tempat tidur yang ada. Dampak peningkatan ini adalah waktu tunggu pasien untuk transfer ke unit rawat inap memanjang sehingga dapat mengurangi kepuasan pasien. Pasien yang menunggu transfer tersebut disebut sebagai pasien stagnan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan pasien stagnan tentang prioritas pelayanan dengan tingkat kepuasan layanan di IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasional dengan desain cross-sectional. Jumlah responden adalah 96 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling dan diambil menggunakan 2 kuesioner yaitu tingkat pengetahuan dan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pengetahuan pasien kategori cukup yaitu sebanyak 48 responden (50.00%) dan tingkat kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 72 responden (75.00%). Hasil uji spearman rho menunjukkan nilai p-value sebesar 0.005 dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0.282. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut namun memiliki korelasi yang lemah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara tingkat pengetahuan pasien tentang prioritas pelayanan dengan kepuasan layanan di IGD RSUD Sumedang.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Cantika Silmy Aulia Putri Burhanie, Popon Haryeti, Ayu Prameswari Kusuma Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, that allows others to freely share and remix the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in jurnal vokasi keperawatan (JVK).References
- Alamsyah, T. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Sistem Triage di IGD RSUD Sumbawa. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4 (July 2020), 76–87. http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/80/65
- Andrayoni, N. L. D., Martini, M., Putra, N. W., & Aryawan, K. Y. (2019). Hubungan Peran dan Sikap Perawat IGD dengan Pelaksanaan Triage Berdasarkan Prioritas. Journal of Telenursing (JOTING), 1(2), 294–303. https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.923
- Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
- Budianto, A., Mardiyah, S., & Setyaningrum, I. (2023). Hubungan antara Mutu Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang IGD Mitra Siaga Tegal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 6(2).
- Damayanti, P., Mata YAP, R., Keperawatan Dasar dan Emergensi, D., Kedokteran, F., Masyarakat, K., Keperawatan, dan, & Gadjah Mada, U. (2017). Faktor-Faktor yang Beresiko Terjadinya Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Risk Factors to Stagnant Patient in Emergency Department of Hospital. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas, 1(2), 81–89.
- Donsu, J. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka Baru Press.
- Hia, L. R. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien di Ruangan IGD Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2020. STIKES Santa Elisabeth Medan, 1–82. https://repository.stikeselisabethmedan.ac.id/wp-content/uploads/2021/11/Lili-Rostini-Hia.pdf
- Lestari, W., Rizany, I., & Setiawan, H. (2021). Faktor- Faktor Mempengaruhi Tingkat Kepua-. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit, 9(1), 46–53.
- Mailita, W., & Rasyid, W. (2022). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Triage di IGD Rumah Sakit Semen Padang Hospital. Humantech Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 200–216.
- Marlia, I., & Heriana, S. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pasien di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) Rumah Sakit Umum dr . Zainoel Abidin Banda Aceh Analysis of the Affected Factors of the Waiting Time in Emergency Department of dr . Zainoel Abidin Hospital Banda Aceh. 4(2), 71–81.
- Permenkes RI, N. 30. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
- Robbi, R. A. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Prioritas Penanganan Triage dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di IGD RSU Darmayu Ponorogoر. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
- Rochana, N., & Djogotuga, N. N. (2020). Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Kupang. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 12–20. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.2.2020.12-20
- Sahensolar, L. N., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2021). Gambaran Tingkat Kegawatdaruratan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Bhayangkara Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 9(1), 1. https://doi.org/10.35790/jkp.v9i1.36763
- Sahrudi, S., & Anam, A. (2021). Pengetahuan dan Sikap Perawat berpengaruh terhadap Tindakan Triase di Instalasi Gawat Darurat. NERS Jurnal Keperawatan, 17(1), 14. https://doi.org/10.25077/njk.17.1.14-20.2021
- Satria, G., Nababan, D., Gultom, R., & Martina, S. E. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Perawat tentang Triage di IGD Di Masa Pandemi Covid-19. Faletehan Health Journal, 8(3), 238–243. www. journal.lppm-stikesfa.ac.id/ojs/index.php/FHJ
- Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
- Siti, M., Ratna, P. P., & Alik, S. M. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dan Length of Stay (Los) Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(1), 2019. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
- Siti Nurhidayah, D. S. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan STIKES Telogorejo, XI(2), 7.
- Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
- Sukrang, H. F. (2023). Hubungan Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Triase dengan Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Syntax Idea, vol 5(5). https://doi.org/10.36418/syntax-.
References
Alamsyah, T. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Sistem Triage di IGD RSUD Sumbawa. Jurnal Kesehatan Dan Sains, 4 (July 2020), 76–87. http://jurnal.lppmstikesghs.ac.id/index.php/jks/article/view/80/65
Andrayoni, N. L. D., Martini, M., Putra, N. W., & Aryawan, K. Y. (2019). Hubungan Peran dan Sikap Perawat IGD dengan Pelaksanaan Triage Berdasarkan Prioritas. Journal of Telenursing (JOTING), 1(2), 294–303. https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.923
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
Budianto, A., Mardiyah, S., & Setyaningrum, I. (2023). Hubungan antara Mutu Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang IGD Mitra Siaga Tegal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 6(2).
Damayanti, P., Mata YAP, R., Keperawatan Dasar dan Emergensi, D., Kedokteran, F., Masyarakat, K., Keperawatan, dan, & Gadjah Mada, U. (2017). Faktor-Faktor yang Beresiko Terjadinya Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Risk Factors to Stagnant Patient in Emergency Department of Hospital. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas, 1(2), 81–89.
Donsu, J. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Hia, L. R. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien di Ruangan IGD Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2020. STIKES Santa Elisabeth Medan, 1–82. https://repository.stikeselisabethmedan.ac.id/wp-content/uploads/2021/11/Lili-Rostini-Hia.pdf
Lestari, W., Rizany, I., & Setiawan, H. (2021). Faktor- Faktor Mempengaruhi Tingkat Kepua-. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit, 9(1), 46–53.
Mailita, W., & Rasyid, W. (2022). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Triage di IGD Rumah Sakit Semen Padang Hospital. Humantech Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 200–216.
Marlia, I., & Heriana, S. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pasien di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) Rumah Sakit Umum dr . Zainoel Abidin Banda Aceh Analysis of the Affected Factors of the Waiting Time in Emergency Department of dr . Zainoel Abidin Hospital Banda Aceh. 4(2), 71–81.
Permenkes RI, N. 30. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
Robbi, R. A. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Prioritas Penanganan Triage dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di IGD RSU Darmayu Ponorogoر. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Rochana, N., & Djogotuga, N. N. (2020). Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Kupang. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 12–20. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.2.2020.12-20
Sahensolar, L. N., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2021). Gambaran Tingkat Kegawatdaruratan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Bhayangkara Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 9(1), 1. https://doi.org/10.35790/jkp.v9i1.36763
Sahrudi, S., & Anam, A. (2021). Pengetahuan dan Sikap Perawat berpengaruh terhadap Tindakan Triase di Instalasi Gawat Darurat. NERS Jurnal Keperawatan, 17(1), 14. https://doi.org/10.25077/njk.17.1.14-20.2021
Satria, G., Nababan, D., Gultom, R., & Martina, S. E. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Perawat tentang Triage di IGD Di Masa Pandemi Covid-19. Faletehan Health Journal, 8(3), 238–243. www. journal.lppm-stikesfa.ac.id/ojs/index.php/FHJ
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Siti, M., Ratna, P. P., & Alik, S. M. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dan Length of Stay (Los) Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(1), 2019. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Siti Nurhidayah, D. S. (2019). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan STIKES Telogorejo, XI(2), 7.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sukrang, H. F. (2023). Hubungan Pengetahuan Keluarga Pasien Tentang Triase dengan Kepuasan Keluarga Pasien dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Syntax Idea, vol 5(5). https://doi.org/10.36418/syntax-.