Main Article Content

Abstract

Cuci tangan merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanis dari kulit kedua belah tangan, bermakna mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab penyakit pada kedua tangan. Tingginya angka diare di kota Bandung menurut data yang diperoleh adalah berasal dari makanan masuk ke dalam tubuh dan kurangnya menjaga kebersihan tangan dan kuku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan Kesehatan tentang mencuci tangan terhadap tingkat pengetahuan mencuci tangan siswa SDN 1 Cibadak. Penelitian ini merupakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan jenis penelitian Pre eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest dengan populasi dan sampel berjumlah 32 orang (total sampling). Instrumen yang digunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dengan 19 pertanyaan. Hasil penelitian sebelum dilakukan Pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan didapatkan responden dengan kategori nilai baik ada 6 orang dengan presentase 17.6% dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan responden dengan kategori nilai baik meningkat menjadi 29 orang dengan presentasi 85.3%. Hasil uji statistik didapatkan nilai signifikan (p-value) adalah 0.000. Nilai p-value (0.000) < p-alpha (0.05). dari hasil penelitian dapat disimpulkan Ada pengaruh pendidikan kesehatan mencuci tangan terhadap tingkat pengetahuan mencuci tangan siswa SDN I Cibadak Bandung. Terjadi peningkatan nilai yang signifikan pada pre test dan post test yaitu sebesar 16.8%. Perilaku cuci tangan harus dibudayakan sedini mungkin untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya kejadian penyakit akibat kurang peduli terhadap mencuci tangan.

Keywords

cuci tangan pendidikan kesehatan Pengetahuan

Article Details

How to Cite
Widawati, W., Yani, T. A., & Corryna Louise Nyman. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Mencuci Tangan terhadap Tingkat Pengetahuan Mencuci Tangan Siswa SDN 1 Cibadak. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 7(1), 84–93. https://doi.org/10.33369/jvk.v7i1.34148

References

  1. Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1196
  2. Armaijn, L., & Darmayanti, D. (2021). Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Di Sekolah. In Jurnal Pengamas (Vol. 4, Issue 2).
  3. Fauzi. A. K. (2018). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Metode Sorogan Dan Peer Education Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Dengan Pendekatan Health Promotion Model (Hpm) Pada Santri Pondok Pesantren.
  4. Handayani, F. S., Kurniawati, & E., S. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2020. Jurnal Kesehatan.
  5. Kemenkes Ri. (2020). Profil Kesehatan Indonesia . Https://Pusdatin.Kemkes.Go.Id/Resources/Download/Pusdatin/Profil-Kesehatan- Indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.Pdf
  6. Kusuma Dewi, A., & Wijayanti, Y. (2021). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Dasar. Ijphn, 1(2), 155–163. Https://Doi.Org/10.15294/Ijphn.V1i2.47261
  7. Maelissa, S. R., & Ukru, R. Y. (2020). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Puzzle Efektif Meningkatkan Perilaku Hand Higyene Pada Anak Usia Sekolah. Http://Jurnal.Globalhealthsciencegroup.Com/Index.Php/Jppp
  8. Mega Sari. (N.D.). Environmental Occupational Health And Safety Journal Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Santri Mts Di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Tahun 2020. Environmental Occupational Health And Safety Journal •, 1(2), 205.
  9. Nurmala, I. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.
  10. Pakpahan M, Siregar D, Susilawaty A, Tasnim, Ramdany Rm, & Manurung Ie. (2021). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
  11. Ph, L., Bambang Setiaji, & Hijrah Fitri. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sdn Di Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (Jikmi), 1(1).
  12. Purwanti Yanik, Arief Wisaksono, & Andika Aliviameita. (2020). Tampilan Pengabdian Masyarakat Penerapan Phbs Di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
  13. Putri Fathonah, W. (2021). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 208–213. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf
  14. Sarah, A., Fauzan, A., Ernadi, E., Masyarakat, K., Islam, U., Muhammad, K., Al-Banjari, A., & Kalimantan, U. I. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa Di Sekolah Mi Al-Hidayah Batulicin-Tanah Bumbu Tahun 2020.
  15. Sari, W. N. I., & Mulyadi. (2021). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah Dasar. In Journal Of Education Research P (Vol. 1). Https://Pedirresearchinstitute.Or.Id/Index.Php/Thejoer/Index
  16. Sontina Saragih. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cuci Tangan Terhadap Tingkat Pengetahuan Cuci Tangan Siswa/I Kelas V Di Sd Negeri 060971 Kemenangan Tani Kec. Medan Tuntungan Tahun 2018. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55541/Emj.V2i1.71
  17. Suryani, D., Maretalinia, Suyitno, Yuliansyah, E., Damayanti, R., Yulianto, A., & Rini Oktina, B. (2020). The Clean And Healthy Life Behavior (Phbs) Among Elementary School Student In East Kuripan, West Nusa Tenggara Province. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(01), 10–22. Https://Doi.Org/10.26553/Jikm.2020.11.1.10-22
  18. Suryani, L., Payung, S., & Pekanbaru, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.