Main Article Content
Abstract
Bahasa Inggris berfungsi sebagai bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kemampuan menguasai Bahasa Inggris menjadi semakin penting. Khususnya, kemampuan berbicara (speaking) dalam bentuk percakapan sangat krusial, karena menjadi sarana utama untuk menyampaikan ide dan pendapat. Berdasarkan kebutuhan tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Sriwijaya menginisiasi pelatihan conversation di Pesantren Tahfidz Takhasus Daarul Qur’an Palembang. Pelatihan ini menggunakan metode drill untuk melatih kompetensi santri dalam berbicara Bahasa Inggris. Proses pelatihan dimulai dengan pengenalan materi melalui sesi ceramah dan diskusi, yang kemudian diikuti dengan penerapan materi menggunakan metode drill. Pentingnya pelatihan ini tidak hanya sebatas pada pengembangan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, tetapi juga pada pemahaman dan penerapan kemampuan tersebut dalam konteks percakapan sehari-hari. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi Bahasa Inggris para santri, yang pada gilirannya dapat memberdayakan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam lingkup global yang semakin terhubung.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Wirda Ningsih, Nurul Aryanti, Sulistya Ningrum, Ahmad Khoirul Akhir Tanjung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2003). Manajemen Pelatihan. Rineka Cipta.
- Bailey, E. (2019). A Historical View of the Pedagogy of Conversation. Voice and Speech Review, 13(1). https://doi.org/10.1080/23268263.2018.1537218
- Brown, R., & White, S. (2019). The Role of English in Scientific Education. Journal of Science Education, 28(2), 145-162.
- Crystal, D. (2003). English as a Global Language (2nd ed.). Cambridge University Press.
- Davis, M. (2017). International Collaboration in Advanced Research Projects. International Journal of Research Collaboration, 15(3), 201-215.
- Gumperz, J. 1976/82 "The sociolinguistic significance of conversational code- switching", in: Papers on Language and Context (=Working Paper No 46, Berkeley); revised version as "Conversational code-switching" in Discourse Strategies, by. J. Gumperz (Cambridge), peran bahasa inggris dengan kutipan dan referensi APA style
- Hoey, Michael. 1979. “Signaling in Discourse: A Functional Analysis of A Common Discourse Pattern in Written and Spoken English” dalam Coulthard,Malcolm (ed_, 1994, Advances in Written Text Analysis, pp 27-45. New York:Routledge.
- Ho, C. M. L. (2006). English Language Learning and Technology (review). Language, 82(1), 191–191. https://doi.org/10.1353/lan.2006.0039
- Johnson, A., et al. (2020). The Global Impact of English in Scientific Communication. International Journal of Scientific Communication, 18(1), 55-72.
- Mustofa, K. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan. Aplikasi). Alfabeta.
- Novrizaldi. (2021). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50#:~:text=Dia menjelaskan%2C di Era Society,critical thinking%2C communication and collaboration.
- Smith, J. (2018). The Language of Science: English and Global Scientific Discourse. Academic Press.
- Sudarmaji, I. (2021). Developing Student’ Speaking Ability Through English Conversation Practice-Cudu Application. https://doi.org/10.4108/eai.11-9-2019.2298638
- W, R. P., MSaid, M., & Waris, A. (2015). Developing Speaking Skill of Grade Viii Students Through Short Conversation. Journal of English Language Teaching Society (ELTS, 3(1), 1.
References
Arikunto, S. (2003). Manajemen Pelatihan. Rineka Cipta.
Bailey, E. (2019). A Historical View of the Pedagogy of Conversation. Voice and Speech Review, 13(1). https://doi.org/10.1080/23268263.2018.1537218
Brown, R., & White, S. (2019). The Role of English in Scientific Education. Journal of Science Education, 28(2), 145-162.
Crystal, D. (2003). English as a Global Language (2nd ed.). Cambridge University Press.
Davis, M. (2017). International Collaboration in Advanced Research Projects. International Journal of Research Collaboration, 15(3), 201-215.
Gumperz, J. 1976/82 "The sociolinguistic significance of conversational code- switching", in: Papers on Language and Context (=Working Paper No 46, Berkeley); revised version as "Conversational code-switching" in Discourse Strategies, by. J. Gumperz (Cambridge), peran bahasa inggris dengan kutipan dan referensi APA style
Hoey, Michael. 1979. “Signaling in Discourse: A Functional Analysis of A Common Discourse Pattern in Written and Spoken English” dalam Coulthard,Malcolm (ed_, 1994, Advances in Written Text Analysis, pp 27-45. New York:Routledge.
Ho, C. M. L. (2006). English Language Learning and Technology (review). Language, 82(1), 191–191. https://doi.org/10.1353/lan.2006.0039
Johnson, A., et al. (2020). The Global Impact of English in Scientific Communication. International Journal of Scientific Communication, 18(1), 55-72.
Mustofa, K. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan. Aplikasi). Alfabeta.
Novrizaldi. (2021). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50#:~:text=Dia menjelaskan%2C di Era Society,critical thinking%2C communication and collaboration.
Smith, J. (2018). The Language of Science: English and Global Scientific Discourse. Academic Press.
Sudarmaji, I. (2021). Developing Student’ Speaking Ability Through English Conversation Practice-Cudu Application. https://doi.org/10.4108/eai.11-9-2019.2298638
W, R. P., MSaid, M., & Waris, A. (2015). Developing Speaking Skill of Grade Viii Students Through Short Conversation. Journal of English Language Teaching Society (ELTS, 3(1), 1.