Main Article Content

Abstract

Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang sering digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan, hingga percakapan sehari-hari. Karena itu, banyak negara yang melatih kecakapan berbahasa Inggris. Ironisnya, berdasarkan laporan lembaga pendidikan Education First (EF), Indonesia memiliki indeks kecakapan bahasa Inggris sebesar 502 pada urutan ke 79 dari 113 negara di dunia pada 2023. Skor tersebut masuk kategori kemampuan rendah dan membuatnya berada di peringkat ketiga belas di Asia. Oleh karena itu sangat diperlukan pelatihan-pelatihan bahasa Inggris yang harus diberikan kepada para generasi muda untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Salah satu pelatihan bahasa Inggris adalah pelatihan TOEFL. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu metode test yang dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Berdasarkan fakta tersebut, pengabdian ini dilakukan kepada para santri berupa pelatihan TOEFL dengan metode diagnostic teaching di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Palembang dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris generasi muda. Melalui pengabdian ini, para santri dapat memahami pentingnya Bahasa Inggris dan mendapatkan ilmu-ilmu dasar mengenai TOEFL.

Keywords

Pesantren Tahfidz Qur’an TOEFL

Article Details

References

  1. Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan tes Toefl (Test of English Foreign Language) untuk siswa SMK/SMA, mahasiswa, dosen dan umum. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
  2. Herwandar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi” TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 179-188.
  3. Ilham, I., Irwandi, I., Isnaini, Y., Rahmaniah, R., Hudri, M., & Bafadal, M. F. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DI KEKALIK, SEKARBELA, MATARAM. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1051-1060.
  4. Ilham, I., Isnaini, Y., Irwandi, I., Lukman, L., & Ismail, H. (2022). Pelatihan Toefl (Test of English As Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715-725.
  5. Philips, D. (2004). Longman introductory course for the TOEFL test: The paper tests. New York: Pearson Education.
  6. Putri, A. K., Triandana, A., Fitriah, S., Amri, U., & Putra, Y. M. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Toefl Untuk Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Jambi: Indonesia. ESTUNGKARA, 2(1), 11-23.
  7. Ruminar, H., Prasetyaningrum, D. I., Maharddhika, R., & Prasetianto, M. (2023). PELATIHAN DAN SIMULASI TOEFL SEBAGAI UPAYA MENCAPAI NILAI YANG DITARGETKAN. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12(1), 122-128.
  8. Sudirman, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Dosen-dosen Unma Banten melalui Pelatihan “TOEFL Strategies and Predictions”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271-278.
  9. Sukur, S. G. (2013). Magic trick TOEFL ITP: magic trick menyelesaikan soal-soal TOEFL ITP ala sang pakar.
  10. Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36-46.