Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan berupa workshop penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk membekali para peserta dengan pemahaman dan kemampuan menulis artikel ilmiah yang layak diterbitkan pada jurnal ilmiah, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memadukan tiga, yaitu participatory rural appraisal, technology transfer, serta pelatihan dan pendampingan luring dan daring. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop secara tatap muka dan pendampingan berupa On Job Training penulisan karya ilmiah yang dilaksanakan secara daring. Pasca pelaksanaan workshop, diperoleh informasi bahwa para peserta telah menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan terkait penulisan karya ilmiah. Hal ini ditunjukkan oleh para peserta yang telah memiliki draft artikel ilmiah dan 33% di antaranya telah memperoleh Letter of Acceptance dari jurnal ilmiah pada saat penutupan kegiatan workshop. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan workshop ini efektif untuk meningkatkan pemahaman dan unjuk kerja peserta dalam menulis karya ilmiah. Oleh karena itu, program serupa dapat diadaptasi dan dilaksanakan pada subjek dan lokasi lainnya.


 

Keywords

Artikel ilmiah, jurnal, participatory rural appraisal, workshop

Article Details

References

  1. Ananda, N. W., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2023). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK ditinjau dari tipe kepribadian MBTI. Jumlahku, 9(2), 90–105.
  2. Asy’ari, M., Ikhsan, M., Imran, A., Mirawati, B., Firdaus, L., Fitriyani, H., Hunaepi, Prayogi, S., Putrayadi, W., & Azizah, I. F. (2023). Pelatihan Manajemen Referensi dan Sitasi Menggunakan Aplikasi Zotero untuk Penulisan Proposal Riset Eksakta pada Program Kreativitas Mahasiswa Reference and Citation Management Training Using the Zotero Application for Exact Research Proposal Writing in t. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 5(2), 467–480.
  3. Az-zahra, F. A., Lukman, H. S., & Balkist, P. S. (2023). Development of PBL-based mathematics teaching modules to improve the mathematical critical thinking skills of elementary school students. Inomatika, 5(2), 131–150. https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.392
  4. Elenna, E., Setiani, A., & Imswatama, A. (2023). Analisis kemampuan literasi matematika pada gaya kognitif di era implementasi Merdeka Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2261–2276. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2629
  5. Hartawan, I. G. N. Y., Sudiarta, I. G. P., & Waluyo, D. (2018). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboardanimationvideo. Widya Laksana, 7(1), 9–17.
  6. Nuraini, F., Agustiani, N., & Mulyanti, Y. (2023). Analisis kemampuan berpikir komputasi ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas X SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3067–3082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2672
  7. Radityastuti, E. Y., Lukman, H. S., Agustiani, N., Sukabumi, M., & Syamsudin, J. R. (2023). Implementasi digital game-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa smp. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 96–105.
  8. Safitri, D. A., Lukman, H. S., & Imswatama, A. (2023). Development of animated videos based on the Merdeka Curriculum to improve students’ mathematical problem solving ability. Inomatika, 5(2), 163–180. https://doi.org/10.35438/inomatika
  9. Setiawan, Y. E. (2021). Workshop penulisan artikel ilmiah untuk publikasi jurnal nasional terakreditasi Sinta di IAIN Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 265. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4109
  10. Sudanta, I. W. (2015). Efektivitas kegiatan workshop dalam meningkatkan kemampuan menetapkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 14(27), 75–84. https://doi.org/10.32795/ds.v14i27.49
  11. Sumartini, S., Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kabupaten Demak. Jurnal Puruhita, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.15294/puruhita.v1i1.28644
  12. Sutriawan, A., Irvan, Syafruddin, M. A., Hasanuddin, M. I., Ikadarny, Sufitriyono, & Nurulita, R. F. (2023). Workshop penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 95–99. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Workshop+Penulisan+Karya+Ilmiah+Bagi+Mahasiswa&btnG=
  13. UMMI. (2022). Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) 2022. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.