Main Article Content
Abstract
Salah satu karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan guru tentang perancangan project based learning pada mata pelajaran matematika menggunakan teknologi dan untuk mengetahui respon guru terhadap hal tersebut. Subjek pengabdian ini ialah MGMP Matematika SMA Kota Bengkulu. Pengabdian ini berupa pelatihan yang dilakukan dengan metode presentasi, demonstrasi dan praktik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan berjalan sukses berdasarkan respon para peserta yang menunjukkan bahwa mereka bertambah pengalamannya dalam pelatihan terkait Project Based Learning dan bertambah wawasan dan keterampilannya dalam merancang pembelajaran menggunakan Project Based Learning.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Tria Utari, Dewi Rahimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hapenciuc, C.V., Burciu & Cioban, G., 2007. Implementation of The Sytem of The Management of Education Quality Basic Requirement For E.U. Integration. SSRN, 1,1–9.
- Hadiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrama Widya
- Hrp, N. A., Julyanti, E., Rahma, I. F., Hasibuan, R., Saragih, Z., Simamora, S. S., & Nasution, M. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Torgamba. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 253-257.
- Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.
- Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).
- Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
- Sihono, T. & Rohaila, Y., 2012. Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools. International Journal of Independent Research and Studies – IJIRS, 1(4).142–152.
References
Hapenciuc, C.V., Burciu & Cioban, G., 2007. Implementation of The Sytem of The Management of Education Quality Basic Requirement For E.U. Integration. SSRN, 1,1–9.
Hadiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrama Widya
Hrp, N. A., Julyanti, E., Rahma, I. F., Hasibuan, R., Saragih, Z., Simamora, S. S., & Nasution, M. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Torgamba. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 253-257.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Sihono, T. & Rohaila, Y., 2012. Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools. International Journal of Independent Research and Studies – IJIRS, 1(4).142–152.