Main Article Content

Abstract

Salah satu karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan guru tentang perancangan project based learning pada mata pelajaran matematika menggunakan teknologi dan untuk mengetahui respon guru terhadap hal tersebut. Subjek pengabdian ini ialah MGMP Matematika SMA Kota Bengkulu. Pengabdian ini berupa pelatihan yang dilakukan dengan metode presentasi, demonstrasi dan praktik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan berjalan sukses  berdasarkan respon para peserta yang menunjukkan bahwa mereka bertambah pengalamannya dalam  pelatihan terkait Project Based Learning dan bertambah wawasan dan keterampilannya dalam merancang pembelajaran menggunakan Project Based Learning.

Keywords

Pelatihan Project Based Learning Teknologi

Article Details

References

  1. Hapenciuc, C.V., Burciu & Cioban, G., 2007. Implementation of The Sytem of The Management of Education Quality Basic Requirement For E.U. Integration. SSRN, 1,1–9.
  2. Hadiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrama Widya
  3. Hrp, N. A., Julyanti, E., Rahma, I. F., Hasibuan, R., Saragih, Z., Simamora, S. S., & Nasution, M. (2023). Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 1 Torgamba. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 253-257.
  4. Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.
  5. Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).
  6. Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
  7. Sihono, T. & Rohaila, Y., 2012. Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools. International Journal of Independent Research and Studies – IJIRS, 1(4).142–152.