Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggerakan (Motivating) Ekstrinsik Fisik Pengelola dalam melaksanakan Program Didikan Subuh di masjid At-Taqwa Dusun II Desa Talang Pito Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan pengambilan dokumentasi, teknik validasi data mengggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik, subjek penelitian ini adalah pengelola Program Didikan Subuh, Pembina Didikan Subuh, dan Kepala KUA Kecamatan Bermani ilir. Hasil penelitian ditemukan bahwa Penggerakan (Motivating) Ekstrinsik Fisik pengelola dalam melaksanakan Program Didikan Subuh berupa uang dan masjid, menjadi penggerak bagi pengelola dalam melaksanakan Program Didikan Subuh karena masjid yang tidak terpakai sebagai tempat pelaksanaan pembelajaran keagamaan menggerakkan pengelola untuk memanfaatkannya sebagai pusat pembelajaran keagamaan serta untuk menarik anak-anak mencintai masjid, selain adanya fasilitas berupa banguan masjid, Faktor Penggerakan Ektrinsik Fisik lainnya adalah adanya gaji sebagai Penyuluh Agama Islam yang diterima oleh pengelola setelah melaksanakan Program Didikan Subuh

Keywords

Penggerakan, Didikan Subuh

Article Details

Author Biography

Bayu Pradikto, Prodi S1 Pendidikan Nonformal FKIP UNIB

Departement of Nonformal Education

References

  1. Harto, B. (2014). Pembentukan Pembiasaan Agama Pada Anak Melalui Acara Didikan Subuh. Jurnal Ipteks Terapan, 8(4), 167-174.
  2. Hidayah, Nur, and Risdayati Risdayati. "Didikan Subuh Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Mdta) As-salam Di Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 4, no. 1, Feb. 2017, pp. 1-15.
  3. KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia).
  4. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Putra, A., & Rumondor, P. (2019). Eksistensi masjid di era rasulullah dan era millenial. Tasamuh, 17(1), 245-264.
  6. Sudjana. 2010. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.
  7. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  8. Yahya, Muhamad. 2022. Buku Panduan Kegiatan Didikan Subuh. Sumatera Barat: Mitra Cendekia Media.