Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar melalui pendampingan dalam persiapan kompetensi sains bidang matematika. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah metode simulasi dan latihan. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas IV dan V SD IT Iqro 2 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang.Tahapan kegiatan dilakukan melalui empat tahapan, (1) tahap persiapan, (2) penyajian materi, (3) latihan dan penugasan, (4) evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah: (1) terjadi peningkatan respon berupa motivasi siswa dalam latihan persiapan kompetensi sains bidang matematikka, (2) terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan contoh soal matematika. Saran dari kegiatan yang telah dilaksanakan adalah guru dan siswa perlu memperkaya contoh soal yang serupa dengan kompetensi sains bidang matematika.

Keywords

mentoring, science competency, student ability

Article Details

References

  1. Agnihotri D., Kulshreshtha K., Tripathi V. (2021) A study on firms’ communication based on artificial intelligence and its influence on customers’ complaint behavior in social media environment. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, (Vol. 1116, No. 1, p. 012180). IOP Publishing. https://doi.org/110.1088/1757-899X/1116/1/012180
  2. Ansah, A., & Rita, Q. (2019). Effects of Training on Employee Performance in Ga East Hotels. Acta Scientific Paediatrics, 2(7), 2–7. https://doi.org/10.31080/ASPE.2019.02.0091
  3. Bindas, N. T., Barasandji, S., & Efendi, E. Peningkatan Ketrampilan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas III SDN Paranonge. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
  4. Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum merdeka. Kementerian pendidikan ristek dikti.
  5. Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
  6. Soulé, H., & Warrick, T. (2015). Defining 21st-century readiness for all students: What we know and how to get there. Psikologi Estetika, Kreativitas, dan Seni, 9(2), 178-186.
  7. Susanta, A., Sumardi, H., & Zulkardi. (2022). Development of e-module using Bengkulu contexts to improve literacy skills of junior high school students. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 171-186
  8. Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Matematika Materi Pengukuran Bagi Guru Sekolah Dasar. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 103-108.
  9. Susanto, E., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 39-49
  10. Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi, R. (2020). Higher order thinking skill (hots) mathematics instrument test based on macromedia flash for junior secondary school students in Bengkulu city. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 15-24.