Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila bagi kepala sekolah dan guru di SMP Idhata Kota Bengkulu. Penyelenggaraan kegiatan ini memberikan manfaat kepada pihak sekolah dalam mengembangkan dan menerapkan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila yang merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka di SMP Idhata Kota Bengkulu. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi dan diskusi. Evaluasi pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan teknik observasi dan pemberian angket respon. Pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Idhata Kota Bengkulu terlaksana dengan baik dan lancar. Peserta pelatihan terdiri dari 19 orang dari berbagai SMP swasta. Pelatihan dan pendampingan ini meningkatkan pengetahuan peserta mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila dan pemahaman terhadap penerapannya serta memotivasi peserta untuk menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dengan persentase respon masing-masing 92%, 92%, dan 88,25% dengan rata-rata 90,75% dalam kategori Sangat Baik. Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat dilanjutkan di kemudian hari.

Keywords

Pelatihan pendampingan projek penguatan profil pelajar Pancasila

Article Details

Author Biography

Aprina Defianti, M.Pd., Prodi S1 Pendidikan IPA FKIP Universitas Bengkulu

Aprina Defianti Google Scholar Profile

References

  1. Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
  2. Anggara, A., Amini, Faridah, Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1899–1904.
  3. Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety
  4. Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
  5. BSKAP Kemdikbudristek RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  6. Direktorat SMP Kemdikbudristek. (2022). Kenali 3 Opsi Ini Sebelum Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-3-opsi-ini-sebelum-mendaftar-implementasi-kurikulum-merdeka-jalur-mandiri/
  7. Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 1 KOTA SUKABUMI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659–1669. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307
  8. Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
  9. Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 51–54.
  10. Nisak, A., & Yuliastuti, R. (2022). PROFIL KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 PALANG. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2), 61–66. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm
  11. Pusat Informasi Guru Kemdikbudristek. (2022). Pengertian Profil Pelajar Pancasila – Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14145044257945-Pengertian-Profil-Pelajar-Pancasila
  12. Sartini, & Mulyono, R. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN ABAD 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1348–1363.
  13. Sudarmiani, Nugraha, N., Malawi, I., Rifai, M., Efendi, M. A., Sutrisni, & Sudaryanto, E. (2022). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMP DI KOTA MADIUN. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1543–150. http://bajangjournal.com/index.php/JPM
  14. Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. Proceeding of the 3 Rd International Conference on Islamic Studies (ICIS), 3, 296–306.
  15. Widiastari, N. L. P. D., & Yuliandewi, N. W. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas 7 dalam Mata Pelajaran Bahasa Bali di SMP Dharma Wiweka Denpasar. Dharma Sastra, 2(2), 166–170.