Main Article Content

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang dipakai sebagai sarana komunikasi internasional di seluruh dunia. Dalam era yang semakin mutakhir serta teknologi yang semakin modern dan canggih, keterampilan dalam Bahasa Inggris menjadi semakin penting. Keahlian berbicara (speaking), khususnya dalam percakapan, amatlah utama karena berperan sebagai sarana komunikasi dalam menyampaikan ide dan pendapat, terutama bagi anak-anak. Memiliki kemampuan bercakap dalam Bahasa Inggris pada usia dini dapat berdampak positif bagi perkembangan intelektual mereka.  Berdasarkan hal tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Politeknik Negeri Sriwijaya jurusan Bahasa Inggris memberikan pelatihan basic conversation for kids dengan metode drill di Kampung Literasi 26 Ilir Palembang. Pelatihan dilakukan dengan pengenalan materi dengan ceramah dan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan drilling method untuk melatih kompetensi anak-anak dalam melakukan percakapan dasar menggunakan Bahasa Inggris.

Keywords

Basic Conversation, Kids, Training

Article Details

References

  1. Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian suatu praktek. Jakarta: Bina Aksara, 3.
  2. Arono, A., Diani, I., Yunita, W., Aulia, R., & Syahriman, S. (2022). Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 144-161.
  3. Gumperz, J. J. (1982). Discourse strategies (No. 1). Cambridge University Press.
  4. Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106
  5. Ho, C. M. L. (2006). English Language Learning and Technology (review). Language, 82(1), 191–191. https://doi.org/10.1353/lan.2006.0039
  6. Hoey, Michael. 1979. “Signaling in Discourse: A Functional Analysis of A Common Discourse Pattern in Written and Spoken English” dalam Coulthard,Malcolm (ed, 1994, Advances in Written Text Analysis, pp 27-45. New York:Routledge.
  7. Kosnan R.A. (2005). Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. Bandung. Sumur.
  8. Lesmana, A. (2012). Definisi anak. Retrieved from https://andibooks.wordpress.com/definisi-anak/. Diakses pada May, 10, 2023.
  9. McKay, P. (2006). Assessing young language learners. Cambridge: Cambridge University Press.
  10. Mustofa, K. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan. Aplikasi). Alfabeta.
  11. Pinter, A. (2006). Teaching young language learners. Oxford: Oxford University Press.
  12. Statista Research Department. (2022, Nov 29). The most spoken languages worldwide 2022. https://www.statista.com/statistics/266808/the-most-spoken-languages-worldwide/
  13. Sudarmaji, I. (2021). Developing Student’ Speaking Ability Through English Conversation Practice-Cudu Application. https://doi.org/10.4108/eai.11-9-2019.2298638