Main Article Content

Abstract

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Retes menjadi salah satu
prioritas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Salah satu upaya strategis
yang dapat dilakukan adalah melalui optimalisasi branding visual, khususnya desain banner
dan logo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain banner dan logo
terhadap efektivitas pemasaran serta dampaknya pada peningkatan kesadaran merek (brand
awareness) dan penjualan produk UMKM di Desa Retes. Desain banner dan logo yang menarik
dan sesuai dengan karakteristik produk mampu meningkatkan daya tarik konsumen,
memperkuat identitas merek, serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan
penjualan. Dengan demikian, optimalisasi desain visual menjadi faktor kunci dalam
pengembangan UMKM yang berkelanjutan di Desa Retes.

Keywords

UMKM Desain Banner Desain Logo Pengabdian Masyarakat

Article Details

References

  1. Abdul Azis Said, (2019) “Medesain Logo”, vol 6, No 3, hal 59
  2. Dr.Fifian Permata Sari, M.Si, dkk, (2023) “Strategi Pengembangan Pemasran UMKM Teori
  3. dan Studi Kasus”
  4. Encep Saefullah, dkk, (2022)“Manajemen Usaha Mikro, kecil dan Menengah UMKM”
  5. Gracia, (2023), “Banner Adalah-Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Ciri-cirinya” Banner Adalah -
  6. Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-cirinya - MojokBisnis.com
  7. Tulus T.H. Tambunan, UMKM di Indonesia, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2009)