Main Article Content
Abstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Retes menjadi salah satu
prioritas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Salah satu upaya strategis
yang dapat dilakukan adalah melalui optimalisasi branding visual, khususnya desain banner
dan logo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain banner dan logo
terhadap efektivitas pemasaran serta dampaknya pada peningkatan kesadaran merek (brand
awareness) dan penjualan produk UMKM di Desa Retes. Desain banner dan logo yang menarik
dan sesuai dengan karakteristik produk mampu meningkatkan daya tarik konsumen,
memperkuat identitas merek, serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan
penjualan. Dengan demikian, optimalisasi desain visual menjadi faktor kunci dalam
pengembangan UMKM yang berkelanjutan di Desa Retes.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Yesinta Melki Sandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdul Azis Said, (2019) “Medesain Logo”, vol 6, No 3, hal 59
- Dr.Fifian Permata Sari, M.Si, dkk, (2023) “Strategi Pengembangan Pemasran UMKM Teori
- dan Studi Kasus”
- Encep Saefullah, dkk, (2022)“Manajemen Usaha Mikro, kecil dan Menengah UMKM”
- Gracia, (2023), “Banner Adalah-Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Ciri-cirinya” Banner Adalah -
- Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-cirinya - MojokBisnis.com
- Tulus T.H. Tambunan, UMKM di Indonesia, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2009)
References
Abdul Azis Said, (2019) “Medesain Logo”, vol 6, No 3, hal 59
Dr.Fifian Permata Sari, M.Si, dkk, (2023) “Strategi Pengembangan Pemasran UMKM Teori
dan Studi Kasus”
Encep Saefullah, dkk, (2022)“Manajemen Usaha Mikro, kecil dan Menengah UMKM”
Gracia, (2023), “Banner Adalah-Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Ciri-cirinya” Banner Adalah -
Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-cirinya - MojokBisnis.com
Tulus T.H. Tambunan, UMKM di Indonesia, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2009)