Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan metode jarimatika untuk anak-anak Boneana. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yaitu metode transfer ilmu jarimatika dan metode talking stick modifikasi. Metode transfer ilmu diberikan untuk mengenalkan dasar-dasar metode berhitung menggunakan jarimatika setelah itu dipraktikan oleh anak-anak dengan menggunakan metode talking stick. Talking stick merupakan metode berbasis game sehingga dapat menambah semangat belajar. Hasil kegiatan menunjukkan anak-anak yang terdiri atas peserta didik jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah menunjukkan antusiasme dalam belajar mandiri matematika. Pengenalan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode jarimatika telah dilaksanakan dengan lancar.

Keywords

jarimatika method refinement reduction

Article Details

References

  1. Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
  2. Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung siswa sd menggunakan metode jarimatika. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 30-33. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71
  3. Apsoh, S. (2024). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kecepatan Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDIT Mutiara Palabuhanratu. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(2), 96-104. https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss2.1140
  4. Bete, M. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 38-50.
  5. Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26-30. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
  6. Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
  7. Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137-143. https://doi.org/10.62159/isej.v2i3.318
  8. Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
  9. Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486
  10. Sabiq, A. F. (2020). Persepsi orang tua siswa tentang pembelajaran tatap muka pada era new normal pandemi covid-19. Journal of Islamic Education Research, 1(3), 179-189. https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41
  11. Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v2i1.357
  12. Virgin, N. S., Nursyahidah, F., & Huda, C. (2023). Pengaruh Model PBL dengan Mengunakan Jarimatika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Penjumlahan Kelas 1 SD Pandeanlamper 04. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 159-168. https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.10107
  13. Wulandani, S. P. (2013). Jarimatika Penambahan & Pengurangan. Kawan Pustaka.
  14. Zain, B. R. N., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429-1434. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.788