Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi banyak memberikan kemudahan bagi siswa dalam mencari literatur sebagai sumber belajar. Namun, rendahnya literasi digital siswa seringkali membuat mereka mengambil literatur dari sumber yang tidak bisa dipertanggunjawabkan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatnya kemampuan siswa dalam mencari dan memilih literatur belajar dari sumber yang terpecaya. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dengan peserta yaitu sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dengan memberikan materi teori dan praktik. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu peserta dibekali: (1) mengapa perlu memilih sumber belajar yang kredibel?; (2) mengenali kriteria sumber belajar ilmiah ; dan (3) strategi mencari literatur dari sumber yang ilmiah. Selain itu, peserta juga diharapkan bisa menjadi agen sosialisasi bagi rekan-rekannya yang tidak mengkuti pelatihan, sehingga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap mengembangan literasi digital di kalangan pelajar.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Kustitik Kustitik, Arbi Abdul Kahfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Apriandi, M. M., Maritasari, D. B., Zil An’gina Maulida, B., & Karmila, I. (2024). Kredibilitas Sumber Ilmiah Di Era Digital. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3139
- Ardoni, A. (2020). Evaluasi Sumber Informasi Digital: Wikipedia. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i1.302
- Hadiono, K., Murti, H., & Santi, R. C. N. (2021). Transformasi Digital. Proceeding SENDIU . https://www.researchgate.net/publication/353555507
- Muhit, A., & Maulana, F. (2022). Pemanfaatan Situs Edukatif Islami sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Berbasis Online/Daring. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 60–72. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.621
- Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
- Zulkifli, Tis’ah, J. A. R. H., Abdurrohman, A., & Kusni, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII di SMPIT Tunas Harapan Ilahi Kota Tangerang. Rausyan Fikr, 19(1), 67–80.
- Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 59–71. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391
References
Apriandi, M. M., Maritasari, D. B., Zil An’gina Maulida, B., & Karmila, I. (2024). Kredibilitas Sumber Ilmiah Di Era Digital. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3139
Ardoni, A. (2020). Evaluasi Sumber Informasi Digital: Wikipedia. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i1.302
Hadiono, K., Murti, H., & Santi, R. C. N. (2021). Transformasi Digital. Proceeding SENDIU . https://www.researchgate.net/publication/353555507
Muhit, A., & Maulana, F. (2022). Pemanfaatan Situs Edukatif Islami sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Berbasis Online/Daring. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 60–72. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.621
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Zulkifli, Tis’ah, J. A. R. H., Abdurrohman, A., & Kusni, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII di SMPIT Tunas Harapan Ilahi Kota Tangerang. Rausyan Fikr, 19(1), 67–80.
Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 59–71. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391