Main Article Content

Abstract

Kegiatan pendampingan bagi guru SD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran, meningkatkan pengetahuan guru dalam penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot, meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot. Metode pelaksanaan pengabdian ini ialah dengan observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu : fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata sebesar 81,24 menjadi 93,75 pada posttest; (2) pemahaman guru tentang penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot dengan rata-rata nilai pretest sebesar 80,63 pada pretest menjadi 93,75; (3) keterampilan penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot dengan nilai rata-rata pretest sebesar 71,35 menjadi 88,54 pada posttest. Simpulan kegiatan ini adalah pendampingan guru SD dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan aplikasi Kahoot dapat meingkatkan pemahaman tentang meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran, meningkatkan pengetahuan guru tentang penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot, Meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot. Serta meningkatkan keterampilan dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Keywords

Pendampingan, Media Pembelajaran, Kahoot, TGT

Article Details

References

  1. Andri, T. (2018). Evolusi Guru dan Sekolah Abad 21. Jawa Barat: CV Jejak.
  2. Christiani, N. Adrianto, H., Anggraini, L. D., dan Goein, A. M. (2019). Modul Teknologi Pembelajaran Kahoot. Jawa Barat: CV Jejak.
  3. Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif . Yogyakarya: Ar-Ruzz Media.
  4. Hamdi, I. (2019). Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal of Civic Education, Volume 2, Nomor 1, hlm 127-140.
  5. Hasibuan, A. T. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Keterampilan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Jurnal Magistra , Volume, 10, Nomor 1, hlm. 26-50.
  6. Manasikana. O. A., d. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru IPA SMP. Jombang Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
  7. Mullis, I. V. S. & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Framework. Chestnut Hill.
  8. Nurdyansyah dan Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  9. Nurhayati, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, Volume 6, Nomor 5, hlm 9118-9126.
  10. International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).
  11. Nurdyansyah dan Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  12. Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  13. OECD (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
  14. Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5 (9) : 566 – 575.
  15. Pello, ACS (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kahoot Untuk Topik Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas X Sma Iph 2 Surabaya. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika , 8 (2), 89–100. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v8i2:.1733
  16. Pitriani. N.N., Noviati. P.R., dan Juanda. R.Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, Volume 1, Nomor 1, hml 1-10
  17. Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108
  18. Respati, A. D. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi. Jurnal Penelitian UNS. 1 (2), hlm. 1-10.
  19. Swasti, M., Hutapea, N., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2428-2441. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1561