Main Article Content

Abstract

Kegiatan pendampingan bagi guru SD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang media khususnya multimedia pembelajaran IPA, meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembuatan multimedia pembelajaran IPA menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis discovery learning. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata sebesar 80,91 menjadi 92,46 pada posttest; (2) pemahaman guru tentang pembuatan multimedia pembelajaran IPA menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis discovery learning dengan rata-rata nilai pretest sebesar 80,00 pada pretest menjadi 95,36; (3) keterampilan dalam pembuatan multimedia pembelajaran IPA menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis discovery learning dengan nilai rata-rata pretest sebesar 72,62 menjadi 90,25 pada posttest. Simpulan kegiatan ini adalah pendampingan guru SD dalam pembuatan multimedia pembelajaran IPA menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran serta pemahaman dan keterampilan pembuatan multimedia pembelajaran IPA menggunakan Macromedia Flash 8 berbasis discovery learning.


 

Keywords

Mentoring, Learning Media, Macromedia, Discovery Learning

Article Details

References

  1. Oktavia. S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: penerbit Deepublish B Panggabean. N. H., Danis. A., & Nudriah (2020). Pengembanagn Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa. STKIP Pangeran Antasari.
  2. Permendikbud Nomor 57. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. In Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (pp. 593–607). Surabaya: UPBJJ - UT.
  4. Swasti, M., Hutapea, N., & Suanto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2428-2441. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1561
  5. Tirtarahardja, U. (2005). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta
  6. Winarni, E. W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif. Bengkulu: FKIP UNIB.
  7. Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
  8. Wirawan, Istiono. (2006). Education Game with flash 8.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  9. Yuniarti, N., & Ellianawati, E. (2020). Multimedia-Based Discovery Learning Approach to Improve Critical Thinking Skills and Student Learning Outcomes. Physics Communication, 4(1), 39-45