Main Article Content
Abstract
Program kerja ini bertujuan untuk mengedukasi Kebudayaan yang ada di Indonesia melalui pembuatan seni mural Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Media Edukasi Kebudayaan Di TK Lab. UNIB Sekolah. Metode yang diterapkan dalam program kegiatan ini adalah metode aplikatif praktis. Artinya menerapkan keahlian dalam membuat seni mural atau menggambar di dinding. Praktis sebagai diartikan sebagai praktik langsung di lapangan. Pelaksanaan program kerja KKN ini dilakukan dengan kolaborasi antara mahasiswa/i KKN di TK Lab. Sekolah UNIB dan guru TK Lab. UNIB Sekolah. Mural P5 ini memuat beberapa gambar, seperti jam gadang, pakaian adat, alat musik dol, kuda lumping, benteng malioboro, bunga rafflesia, dan candi Borobudur yang menjadi ikonik beberapa tempat di Indonesia, serta gambar bumi dan bendera merah putih yang menjadi salah satu simbol atau lambang Negara Indonesia.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Vinna elianto, Syntia ramadhanti, Reda adha sustrowati, Yoga pangestu pratama, Syafdi Maizora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- BSKAP Kemdikbudristek RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1)
- Giri, K. R. (2021). Mural sebagai media edukasi pelestarian kebudayaan daerah. Jurnal lentera widya, 2, 1-11.
- Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
- Kholilah, A., Naufa, M., & Ghifari, M. (2022). Pembuatan Seni Lukis Mural Dinding Sekolah
- Legimin, Feriansyah, & Ubabuddin. (2024). TEORI KEBUDAYAAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP),2, 542-550
- Priyono, P., Muslim, I. F., & Widiyarto, S. (2022). Pemahaman Bacaan Siswa SMP Alikhlas Melalui Literasi Baca dan Tulis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 494-498
- Sunarmintyastuti, S., Prabowo, H. A., Sandiar, L., Ati, A. P., Harie, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2022). Peran literasi digital dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 32-36
- Widiyarto, S. (2022). Pengenalan Olahraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi Siswa TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7232-7241.
- Yayasan PAUD/TK Al-Muhajirin Kota Jantho Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter.GORGA: Jurnal Seni Rupa, 433 - 438.
References
BSKAP Kemdikbudristek RI. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1)
Giri, K. R. (2021). Mural sebagai media edukasi pelestarian kebudayaan daerah. Jurnal lentera widya, 2, 1-11.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
Kholilah, A., Naufa, M., & Ghifari, M. (2022). Pembuatan Seni Lukis Mural Dinding Sekolah
Legimin, Feriansyah, & Ubabuddin. (2024). TEORI KEBUDAYAAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP),2, 542-550
Priyono, P., Muslim, I. F., & Widiyarto, S. (2022). Pemahaman Bacaan Siswa SMP Alikhlas Melalui Literasi Baca dan Tulis. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 494-498
Sunarmintyastuti, S., Prabowo, H. A., Sandiar, L., Ati, A. P., Harie, S., Sartono, L. N., & Widiyarto, S. (2022). Peran literasi digital dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), 32-36
Widiyarto, S. (2022). Pengenalan Olahraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi Siswa TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7232-7241.
Yayasan PAUD/TK Al-Muhajirin Kota Jantho Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter.GORGA: Jurnal Seni Rupa, 433 - 438.