Main Article Content

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk membangun dasar perkembangan kognitif anak, termasuk kemampuan mereka untuk memahami konsep matematika. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mempelajari bagaimana Alat Peraga Edukatif (APE) Papan Matematika digunakan pada anak-anak usia dini di Sekolah Langit Biru untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang matematika. Anak-anak dapat belajar konsep dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, dan angka dengan papan matematika. Untuk mengamati hasil pembelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menurut hasil penelitian, penggunaan APE Papan Matematika dapat meningkatkan minat, perhatian, dan pemahaman anak tentang matematika. Selain itu, APE ini membantu anak belajar saat bermain, yang sesuai dengan sifat anak usia dini yang belajar melalui pengalaman langsung.

Keywords

Anak Usia dini Papan Matematika

Article Details

References

  1. Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu
  2. Pendidikan, 5(2).
  3. Ashari, N., Indah, H., Suridha, Sabahan Nurrahmah, & Riana Putri. (2023). Pengenalan Matematika
  4. Permulaan Melalui Papan Angka Pada Kelompok a Di Ra Ittihad Labatu. Abata : Jurnal
  5. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1382
  6. Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini melalui
  7. Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(2),
  8. Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  9. Mulyani, E. (2020). Pemanfaatan APE dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar
  10. pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 45-58.
  11. https://doi.org/10.5678/jpp.2020.01801
  12. Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk
  13. Memfasilitasi Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B Cucu Mulyati1 , Dindin Abdul Muiz L2 ,
  14. Taopik Rahman3 . 1, 59–68.
  15. Rachmawati, I. (2018). Keunggulan dan keterbatasan penggunaan APE dalam pembelajaran
  16. matematika pada anak-anak prasekolah. Jurnal Pengajaran dan Pembelajaran, 22(4), 150-163.
  17. https://doi.org/10.4432/jpp.2018.02404
  18. Sari, O. N., Nurzaelani, M. M., & Suatika, I. (2023). Analisis Kebutuhan Media Papan Pintar Pada
  19. Pengenalan Huruf Untuk Anak Usia Dini ( PAUD ). 3(1), 75–79.
  20. Suharso, S. (2019). Penggunaan alat permainan edukatif dalam pembelajaran matematika anak usia
  21. dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jpud.2019.01302
  22. Suryanto, S. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini