Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat komunitas belajar di sektor Sukaraja dengan fokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi desain grafis Canva. Dalam era digital ini, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, banyak guru di daerah pedesaan yang masih kesulitan dalam menggunakan alat teknologi secara maksimal. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan kepada para guru di Sukaraja dalam penggunaan Canva sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun komunitas belajar di kalangan guru, sehingga mereka dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan media pembelajaran. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan materi ajar yang lebih kreatif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran berbasis Canva diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengalaman belajar siswa di Sukaraja, serta memberi.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Diah Selviani, Fadlul Amdhi Yul, Monica Indah Lestari, Fallela Rohma Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Canva. (2023). Canva for Education: A Powerful Tool for Teachers and Students. Retrieved from https://www.canva.com/education
- Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (2005). Principles of instructional design (5th ed.). Wadsworth Publishing.
- Jufri, M. (2018). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Meningkatkan Partisipasi dan Kreativitas Siswa. Bandung: Alfabeta.
- Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
- Mustafa, M., & Setiawan, A. (2019). Desain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
- Pratiwi, I. R. (2022). Canva untuk Pendidikan: Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 123-131.
- Rachmawati, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45-56.
- Rahmawati, T. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(4), 112-120.
- Sari, R. M. (2021). Pengembangan Komunitas Belajar di Sekolah: Meningkatkan Kolaborasi Guru dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 15(2), 145-153.
- Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning theory for the digital age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3-10. https://www.itdl.org/Journal/Jan_05/article01.htm
- Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. (2015). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Tabeling, M. (2017). Innovative learning strategies in the 21st century classroom. Routledge.
- Ward, T. (2021). Effective digital learning: Engaging students with technology. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64487-6
- Wong, A., & Lee, K. (2020). Using digital tools in education: A case study of Canva in secondary schools. Journal of Educational Technology & Society, 23(3), 45-57.
References
Canva. (2023). Canva for Education: A Powerful Tool for Teachers and Students. Retrieved from https://www.canva.com/education
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (2005). Principles of instructional design (5th ed.). Wadsworth Publishing.
Jufri, M. (2018). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Meningkatkan Partisipasi dan Kreativitas Siswa. Bandung: Alfabeta.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Mustafa, M., & Setiawan, A. (2019). Desain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Pratiwi, I. R. (2022). Canva untuk Pendidikan: Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 123-131.
Rachmawati, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 45-56.
Rahmawati, T. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(4), 112-120.
Sari, R. M. (2021). Pengembangan Komunitas Belajar di Sekolah: Meningkatkan Kolaborasi Guru dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 15(2), 145-153.
Siemens, G. (2005). Connectivism: A learning theory for the digital age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1), 3-10. https://www.itdl.org/Journal/Jan_05/article01.htm
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2015). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tabeling, M. (2017). Innovative learning strategies in the 21st century classroom. Routledge.
Ward, T. (2021). Effective digital learning: Engaging students with technology. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64487-6
Wong, A., & Lee, K. (2020). Using digital tools in education: A case study of Canva in secondary schools. Journal of Educational Technology & Society, 23(3), 45-57.