Main Article Content
Abstract
Peserta didik yang berada pada tahap peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa mengalami perubahan signifikan dalam aspek fisik, psikologis, dan sosial-emosional. Perubahan ini memerlukan penyesuaian untuk menghadapi berbagai tuntutan, seperti terlibat dalam interaksi sosial, mengeksplorasi diri, dan memikirkan masa depan. Salah satu tantangan utama adalah kemampuan untuk mengelola emosi, yang sangat penting untuk menghadapi stres, menjaga keseimbangan mental, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, regulasi emosi merupakan keterampilan yang perlu dikuasai sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas sosialisasi regulasi emosi pada peserta didik kelas 6 SDN 36 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah (sosialisasi), diskusi dan pelatihan, dengan pengumpulan data melalui observasi dan angket terbuka. Hasil menunjukkan bahwa sebelum sosialisasi, sebagian besar peserta didik belum sepenuhnya memahami dan mengelola emosi mereka. Namun, setelah sosialisasi, terdapat peningkatan signifikan dalam kesadaran peserta didik mengenai emosi mereka serta kemampuan dalam mengelola emosi, seperti yang tercermin dalam angket dan observasi. Meskipun demikian, kegiatan ini memiliki keterbatasan terkait durasi yang terbatas dan fokus yang hanya pada lingkungan sekolah. Oleh karena itu, disarankan adanya pendampingan berkelanjutan serta pengembangan modul regulasi emosi yang dapat mendukung penerapan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Luzzy Anne Sanches, Dwi Junisyah Nur Afni, Deni Parlindungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Handayani, D. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Kegiatan Akademik dan Non-Akademik di SMKN 2 Singosari. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 6-6.
- Jamaluddin, M., Sholikhah, D. A., & Syifa, N. (2024). Implementation Of Positive Reinforcement To Improve Emotion Regulation In College Students. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 4(1), 60-70
- Rahmawati, Afiati, E., & Wibowo, B. Y. (2020). Bimbingan dan Konseling Multibudaya. Tangerang Banten: Media Edukasi Indonesia.
- Resmiadi, N. L., Adhi, N. K. J., & Septiarly, Y. L. (2023). Kemampuan Regulasi Emosi dan Self Awareness Sebagai Prediktor Kecemasan pada Support Buddy di Lisa Helpline Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 522-532.
- Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 21-38.
- Wuri, D. A., & Nurhidayah, S. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Pada Anak. An-Nizam, 2(2), 167-173.
References
Handayani, D. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Kegiatan Akademik dan Non-Akademik di SMKN 2 Singosari. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 6-6.
Jamaluddin, M., Sholikhah, D. A., & Syifa, N. (2024). Implementation Of Positive Reinforcement To Improve Emotion Regulation In College Students. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 4(1), 60-70
Rahmawati, Afiati, E., & Wibowo, B. Y. (2020). Bimbingan dan Konseling Multibudaya. Tangerang Banten: Media Edukasi Indonesia.
Resmiadi, N. L., Adhi, N. K. J., & Septiarly, Y. L. (2023). Kemampuan Regulasi Emosi dan Self Awareness Sebagai Prediktor Kecemasan pada Support Buddy di Lisa Helpline Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 522-532.
Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 21-38.
Wuri, D. A., & Nurhidayah, S. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Pada Anak. An-Nizam, 2(2), 167-173.