https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/issue/feed Jurnal Abdimas Bencoolen 2024-03-11T15:25:36+00:00 Elwan Stiadi elwanstiadi@unib.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) a scientific multidisciplinary journal published by Mathematics Education Program, University of Bengkulu. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of service to the community</p> <p>JAB was first published in August 2023. JAB has been registered with eISSN 3026-5738 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2023.</p> https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/article/view/33085 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP IDHATA KOTA BENGKULU 2024-02-09T08:39:13+00:00 Aprina Defianti, M.Pd. aprina.defianti@gmail.com Indra Sakti aprina.defianti@unib.ac.id Ringki Agustinsa ringki@unib.ac.id <p>Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila bagi kepala sekolah dan guru di SMP Idhata Kota Bengkulu. Penyelenggaraan kegiatan ini memberikan manfaat kepada pihak sekolah dalam mengembangkan dan menerapkan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila yang merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka di SMP Idhata Kota Bengkulu. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi dan diskusi. Evaluasi pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan teknik observasi dan pemberian angket respon. Pelatihan dan pendampingan penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Idhata Kota Bengkulu terlaksana dengan baik dan lancar. Peserta pelatihan terdiri dari 19 orang dari berbagai SMP swasta. Pelatihan dan pendampingan ini meningkatkan pengetahuan peserta mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila dan pemahaman terhadap penerapannya serta memotivasi peserta untuk menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dengan persentase respon masing-masing 92%, 92%, dan 88,25% dengan rata-rata 90,75% dalam kategori Sangat Baik. Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat dilanjutkan di kemudian hari.</p> 2024-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Aprina Defianti, M.Pd., Indra Sakti, Ringki Agustinsa https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/article/view/33269 PENYULUHAN PENTINGNYA BUAH DAN SAYUR UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK DAN CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR DI PANTI ASUHAN TITIPAN SUCI ADAM DAN HAWA TANAH PATAH 2024-03-01T01:58:14+00:00 Septi Wulandari septiwulandari@unib.ac.id Delia Kumala Sari septiwulandari@unib.ac.id Dian Handayani septiwulandari@unib.ac.id Reza Pertiwi septiwulandari@unib.ac.id Reza Rahmawati Rahmawati ecaeca62@gmail.com Yona Harianti Putri septiwulandari@unib.ac.id Dwi Dominica septiwulandari@unib.ac.id <p>Panti asuhan merupakan lembaga usaha untuk meningkatkan kesejahteraan anak dalam pengentasan ketelantaran anak. Kondisi lingkungan dan kesehatananak di panti asuhan perlu diperhatikan, mengingat anak-anak memiliki hakyang sama untuk pemenuhan kesehatan dan kesejahteraannya. Selain itu, anak-anak juga merupakan investasi untuk membangun bangsa yang baik. PantiAsuhan Titipan Suci Adam dan Hawa merupakan salah satu panti asuhan yang terdapatdi Provinsi Bengkulu. Hasil survei pendahuluan yang dilakukan melalui observasidan wawancara dengan pengurus panti asuhan didapatkan bahwa terdapatmasalah kebersihan lingkungan seperti belum adanya kotak sampah sehinggasampah berserakan , tidak ada tempat cuci tangan , dalam satu ruanganterdapat 6 tempat tidur yang tidak ada kelambu, kurangnya pengetahuananak panti dan staff tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) dan masih awamnya pengetahuan anak-anak panti asuhan tentang asupan gizi yang baik dan benar. Oleh sebab itu, program ini berfokus untuk diterapkannya PHBS dan penyuluhan tentang gizi di panti asuhan tersebut melalui penyuluhan dan games tentang sampah dan cucitangan menggunakan sabun. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan anak di panti asuhan untuk menerapkan PHBS.</p> 2024-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Septi Wulandari, Delia Kumala Sari, Dian Handayani, Reza Pertiwi, Reza Rahmawati Rahmawati, Yona Harianti Putri, Dwi Dominica https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/article/view/33349 PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KOSP DI SMP NEGERI 17 KABUPATEN BENGKULU TENGAH PADA KEGIATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA 2024-03-11T15:25:36+00:00 Ari Putra ariputra@unib.ac.id Ratnah Lestary ratnahlestary@unib.ac.id Elwan Stiadi elwanstiadi@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendampingan dan dukungan dalam pengembangan Kurikulum Opserasional Sekolah Pembelajaran (KOSP) di SMP Negeri 17 Kabupaten Bengkulu Tengah dalam implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyesuaikan kurikulum dengan konteks dan kebutuhan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan pendidik, dalam proses pengembangan kurikulum. Metode yang digunakan adalah dengan kegiatan workshop melalui aktifitas diskusi terpumpun untuk mengumpulkan masukan dan umpan balik. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan KOSP untuk SMP Negeri 17 Kabupaten Bengkulu Tengah yang berhasil, yang mencerminkan nilai yang berlandaskan pada profil pelajar pancasil dan sesuai dengan karakteristik peserta didik serta lingkungan. Kurikulum ini dirancang untuk fleksibel, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan murid, mempromosikan pengembangan holistik dan pembelajaran aktif. Pendekatan partisipatif memastikan bahwa kurikulum tersebut diterima dengan baik dan didukung oleh semua pihak, membentuk dasar untuk peningkatan hasil pendidikan di wilayah tersebut</p> 2024-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ari Putra, Ratnah Lestary, Elwan Stiadi