Jurnal Abdimas Bencoolen https://ejournal.unib.ac.id/abdimas <p>Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) a scientific multidisciplinary journal published by Mathematics Education Program, University of Bengkulu. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of service to the community</p> <p>JAB was first published in August 2023. JAB has been registered with eISSN 3026-5738 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2023.</p> en-US elwanstiadi@unib.ac.id (Elwan Stiadi) azharlubis@unib.ac.id (Azhar Aziz Lubis) Tue, 01 Apr 2025 19:22:42 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGUATAN TEMA PROYEK PEMBELAJARAN GAYA HIDUP BERKELANJUTAN MELALUI PRODUKSI ECOPRINT MOTIF BESUREK KARYA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA KOTA BENGKULU https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/article/view/40923 <p>Pembelajaran yang inklusif dan berbasis budaya memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan tema proyek pembelajaran gaya hidup berkelanjutan melalui produksi <em>ecoprint</em> motif <em>Besurek</em> di SLB N 3 Kota Bengkulu. <em>Ecoprint</em>, sebagai teknik pewarnaan alami pada kain, tidak hanya menjadi media belajar yang adaptif tetapi juga memperkenalkan peserta didik pada konsep keberlanjutan lingkungan dan warisan budaya lokal. Metode yang diterapkan menggunakan alur MERDEKA yang mana mengacu pada struktur pendampingan yang lebih fleksibel, berorientasi pada capaian kegiatan, dan berbasis pada kebutuhan peserta didik. Kegiatan ini meliputi teknik <em>ecoprint</em> berbahan alami, pendampingan dalam produksi karya, serta implementasi hasil <em>ecoprint</em> sebagai media belajar yang interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa proses pembuatan <em>ecoprint</em> mampu meningkatkan keterampilan motorik halus, sensitivitas sensorik, serta kreativitas anak dalam berkarya. Selain itu, pendekatan ini menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan melalui pemanfaatan bahan-bahan ramah lingkungan. Respon positif dari pendidik dan peserta didik mengindikasikan bahwa proyek ini berkontribusi dalam membangun pengalaman belajar yang lebih bermakna, inklusif, dan berorientasi pada keberlanjutan. Ke depan, inisiatif serupa dapat diperluas dengan mengintegrasikan teknologi dan elemen budaya serta lingkungan dalam praktik pembelajaran anak berkebutuhan khusus.</p> Ari Putra, Adella Veranti, Elwan Stiadi, Nafri Yanti, Isti Oktarandi, Sofino Sofino Copyright (c) 2025 Ari Putra, Adella Veranti, Elwan Stiadi, Nafri Yanti, Isti Oktarandi, Sofino Sofino https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unib.ac.id/abdimas/article/view/40923 Fri, 28 Feb 2025 00:00:00 +0000