Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberi penyuluhan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu tentang penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Anak yang kurang memiliki keterampilan motorik halusnya, mereka akan mengalami kesulitan menampilkan akademiknya dan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki tugas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui pembelajaran. Agar materi pembelajaran pengembangan motorik halus dapat diterima oleh anak dengan baik diperlukan media pembelajaran. Keterbatasan pengalaman dan motivasi belajar anak dapat diatasi dan dirangsang melalui penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan Hasil survey kami terhadap para guru diperoleh informasi bahwa para guru kurang mengetahui penggunaan media untuk pengembangan motorik halus anak. Melihat hal itu kami tim Dosen Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bengkulu merasa penting untuk memberikan pelatihan kepada mereka tentang penggunaan media dalam mengembangkan motorik halus anak. Selama pelatihan para peserta aktif mengikuti seluruh kegiatan dan antusias dalam mengerjakan latihan-latihan pengembangan media. Sebagai hasil kegiatan pelatihan, rara-rata para guru Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu meningkat sangat baik dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini disarankan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tataran implementasi pada anak usia dini.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Jamaluddin M, 2018, Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pambudi.
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
- Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005: Standar Nasional Pendidikan
- Susanto, Ahmad, (2017), Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Oraktik, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.
- Syaodih, Erna Wulan, Psikologi Perkembangan https://s3.amazonaws.com/academia. edu.documents37346159/Psikologi_Perkembangan
- Wiyani, Novan Ardi, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
- Wulan, Ratna, (2011), Mengasah Kecerdasan Pada Anak Bayi-pra sekolah, Penerbit Pustaka Pelajar: Jogjakarta.
- Yamin, Martinis dan Sanan, Jamilah Sabri, (2010), Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Penerbit Gaung Persada: Jakarta
- https://teachmykids.co.uk/advice_and_tips/colouring-developing-pencil-control-or-a-holding-activity
- https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran (Diunduh tanggal 9 Mei 2020)
- Zaman, Badru dan Eliyawati,Cucu, 2010, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
References
Jamaluddin M, 2018, Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pambudi.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005: Standar Nasional Pendidikan
Susanto, Ahmad, (2017), Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Oraktik, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.
Syaodih, Erna Wulan, Psikologi Perkembangan https://s3.amazonaws.com/academia. edu.documents37346159/Psikologi_Perkembangan
Wiyani, Novan Ardi, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
Wulan, Ratna, (2011), Mengasah Kecerdasan Pada Anak Bayi-pra sekolah, Penerbit Pustaka Pelajar: Jogjakarta.
Yamin, Martinis dan Sanan, Jamilah Sabri, (2010), Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Penerbit Gaung Persada: Jakarta
https://teachmykids.co.uk/advice_and_tips/colouring-developing-pencil-control-or-a-holding-activity
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran (Diunduh tanggal 9 Mei 2020)
Zaman, Badru dan Eliyawati,Cucu, 2010, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia