Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberi penyuluhan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu tentang penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Anak yang kurang memiliki keterampilan motorik halusnya, mereka akan mengalami kesulitan menampilkan akademiknya dan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki tugas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui pembelajaran. Agar materi pembelajaran pengembangan motorik halus dapat diterima oleh anak dengan baik diperlukan media pembelajaran. Keterbatasan pengalaman dan motivasi belajar anak dapat diatasi dan dirangsang melalui penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan Hasil survey kami terhadap para guru diperoleh informasi bahwa para guru kurang mengetahui penggunaan media untuk pengembangan motorik halus anak. Melihat hal itu kami tim Dosen Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bengkulu merasa penting untuk memberikan pelatihan kepada mereka tentang penggunaan media dalam mengembangkan motorik halus anak. Selama pelatihan para peserta aktif mengikuti seluruh kegiatan dan antusias dalam mengerjakan latihan-latihan pengembangan media. Sebagai hasil kegiatan pelatihan, rara-rata para guru Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu meningkat sangat baik dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini disarankan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tataran implementasi pada anak usia dini.

Keywords

Media Pembelajaran Motorik Halus

Article Details

Author Biographies

Sri Saparahayuningsih, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Zahratul Qalbi, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Badeni Badeni, Universitas Bengkulu

Prodi Doktor Pendidikan FKIP
How to Cite
Saparahayuningsih, S., Qalbi, Z., & Badeni, B. (2021). PENYULUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PADAGURU-GURU PAUD GUGUS MAWAR MERAH. Jurnal ABDI PAUD, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i1.16556

References

  1. Jamaluddin M, 2018, Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pambudi.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
  3. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005: Standar Nasional Pendidikan
  4. Susanto, Ahmad, (2017), Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Oraktik, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.
  5. Syaodih, Erna Wulan, Psikologi Perkembangan https://s3.amazonaws.com/academia. edu.documents37346159/Psikologi_Perkembangan
  6. Wiyani, Novan Ardi, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.
  7. Wulan, Ratna, (2011), Mengasah Kecerdasan Pada Anak Bayi-pra sekolah, Penerbit Pustaka Pelajar: Jogjakarta.
  8. Yamin, Martinis dan Sanan, Jamilah Sabri, (2010), Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Penerbit Gaung Persada: Jakarta
  9. https://teachmykids.co.uk/advice_and_tips/colouring-developing-pencil-control-or-a-holding-activity
  10. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran (Diunduh tanggal 9 Mei 2020)
  11. Zaman, Badru dan Eliyawati,Cucu, 2010, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia