Main Article Content

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam memberikan bahan pelajaran kepada siswa khususnya pada masa pandemi covid - 19. Pada masa pandemi, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara online sehingga guru merasa kurang maksimal dalam memberikan materi kepada siswa. Guru memerlukan media pembelajaran yang dapat memenuhi isi kurikulum sebagai upaya dalam penyampaian materi kepada siswa. Kenyataannya, tidak semua guru mampu merancang media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Selain itu, anak berhak memproleh pendidikan dan pengajaran walaupun dimasa pandemi covid. Melalui media audio visual dengan aplikasi kinemaster diharapkan dapat membantu guru dan menjadi solusi dalam pembelajaran saat ini. Hasilnya, media audio visual tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi terutama berkenaan dengan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini dengan indikator mengenal agama dan hari besar agama. 

Keywords

Kurikulum PAUD Media Audio Visual Nilai Agama dan Moral Perkembangan Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Tesya Cahyani Kusuma, STKIP ADZKIA

 PG-PAUD

Yessi Rifmasari, STKIP ADZKIA

PG-PAUD

Roza Dahlia, STKIP ADZKIA

PG-PAUD

How to Cite
Kusuma, T. C., Rifmasari, Y., & Dahlia, R. (2021). PENGINTEGRASIAN KURIKULUM, PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN HAK ANAK MELALUI MEDIA DI MASA PANDEMI. Jurnal ABDI PAUD, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i1.16557

References

  1. Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
  2. Depdiknas, Panduan Mengajar di TK/RA (Jakarta: Depdiknas,2005)
  3. Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009)
  4. M. Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2004)
  5. Rudianto, Nugraha, Ali. 2016. Modul 10 Perancangan Kegiatan Pengembangan di TK. Ruang Baca Virtual UT. http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=PGTK2403/&doc=M10.pdf
  6. Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Design Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
  7. Undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia;
  8. Wiwien Dinar Pratisti, Psikologi Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks, 2008),h. 29