Main Article Content
Abstract
Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam memberikan bahan pelajaran kepada siswa khususnya pada masa pandemi covid - 19. Pada masa pandemi, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara online sehingga guru merasa kurang maksimal dalam memberikan materi kepada siswa. Guru memerlukan media pembelajaran yang dapat memenuhi isi kurikulum sebagai upaya dalam penyampaian materi kepada siswa. Kenyataannya, tidak semua guru mampu merancang media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Selain itu, anak berhak memproleh pendidikan dan pengajaran walaupun dimasa pandemi covid. Melalui media audio visual dengan aplikasi kinemaster diharapkan dapat membantu guru dan menjadi solusi dalam pembelajaran saat ini. Hasilnya, media audio visual tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi terutama berkenaan dengan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini dengan indikator mengenal agama dan hari besar agama.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
- Depdiknas, Panduan Mengajar di TK/RA (Jakarta: Depdiknas,2005)
- Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009)
- M. Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2004)
- Rudianto, Nugraha, Ali. 2016. Modul 10 Perancangan Kegiatan Pengembangan di TK. Ruang Baca Virtual UT. http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=PGTK2403/&doc=M10.pdf
- Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Design Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
- Undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia;
- Wiwien Dinar Pratisti, Psikologi Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks, 2008),h. 29
References
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran PT. Raja Grafindo Persada Jakarta
Depdiknas, Panduan Mengajar di TK/RA (Jakarta: Depdiknas,2005)
Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009)
M. Ramli, Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2004)
Rudianto, Nugraha, Ali. 2016. Modul 10 Perancangan Kegiatan Pengembangan di TK. Ruang Baca Virtual UT. http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=PGTK2403/&doc=M10.pdf
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Design Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia;
Wiwien Dinar Pratisti, Psikologi Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks, 2008),h. 29