Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan melakukan kegiatan pengabdian yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan program pembelajaran paud kurikulum Paud (Program Tahunan, Smester dan Program Harian) di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Pemecahan masalah dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan pemberian konsep berkaitan kurikulum dan program pembelajaran serta pelatihan pengembangan program pembelajaran anak usia dini dengan kurikulum 2013 (Program Tahunan, Smester dan Program Harian) di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah seluruh guru berjumlah 17 orang guru di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berupa pengembangan program pembelajaran paud kurikulum dan setelah dilakukan penilaian berupa umpan balik dari peserta dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan baik dan dirasa sangat bermanfaat bagi guru, sesuai dengan harapan dan tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut sangat baik dan bermanfaat bagi para guru sebab membantu guru dalam memecahkan masalah yang dihadapi berupa pemahaman kurikulum dan program pembelajaran anak usia dini pada Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Hartati, Sofia; (2009); How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother; Enno Media; Jakarta.
- Hernawan, Asep Herry; dan Cynthia, Riche (2011); Pengertian, Dimensi, Fungsi dan Peranan Kurikulum; Tim Pengembang MKDK Kurikulum dan Pembelajaran FIP-UPI Rajawali Pers, Jakarta
- Kemdikbud, Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Dir. PAUD (2015): Pedoman Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013 Jakarta.
- ------------- (2015): Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini;Apa,Mengapa, dan Bagaimana Jakarta
- Masitoh; Ocih Setiasih dan Hani Djoehaeni; (2005); Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak; Depdiknas, Jakarta.
- Moeslichatun, R.; (2004); Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak; Rineka Cipta, Jakarta.
- Nasirun,M dan Yulidesni (2013), Peningkatan kompetensi profesional guru paud (pra-jabat an) melalui aplikasi pendekatan pembelajaran inovatif dalam mata kuliah strategi pembelajaran BCCT pada mahasiswa PAUD FKIP UNIB.
- Peraturan Pemerintah No.19. Tahun 2005; tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
- Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta
- ---------- Nomor: 137 Tahun 2014; Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta
- ---------- Nomor: 146 Tahun 2014; Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta
- Suyanto, Slamet; (2005); Pembelajaran Untuk Anak TK; Depdiknas, Jakarta.
- Wiryokusumo, Iskandar dan Mulyadi, Usman (1998); Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum; Bina Aksara;Jakarta
References
Hartati, Sofia; (2009); How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother; Enno Media; Jakarta.
Hernawan, Asep Herry; dan Cynthia, Riche (2011); Pengertian, Dimensi, Fungsi dan Peranan Kurikulum; Tim Pengembang MKDK Kurikulum dan Pembelajaran FIP-UPI Rajawali Pers, Jakarta
Kemdikbud, Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Dir. PAUD (2015): Pedoman Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013 Jakarta.
------------- (2015): Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini;Apa,Mengapa, dan Bagaimana Jakarta
Masitoh; Ocih Setiasih dan Hani Djoehaeni; (2005); Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak; Depdiknas, Jakarta.
Moeslichatun, R.; (2004); Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak; Rineka Cipta, Jakarta.
Nasirun,M dan Yulidesni (2013), Peningkatan kompetensi profesional guru paud (pra-jabat an) melalui aplikasi pendekatan pembelajaran inovatif dalam mata kuliah strategi pembelajaran BCCT pada mahasiswa PAUD FKIP UNIB.
Peraturan Pemerintah No.19. Tahun 2005; tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta
---------- Nomor: 137 Tahun 2014; Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta
---------- Nomor: 146 Tahun 2014; Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta
Suyanto, Slamet; (2005); Pembelajaran Untuk Anak TK; Depdiknas, Jakarta.
Wiryokusumo, Iskandar dan Mulyadi, Usman (1998); Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum; Bina Aksara;Jakarta