Main Article Content
Abstract
Asesmen perkembangan anak usia dini adalah sebuah proses penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengumpulkan dan mengevaluasi informasi mengenai performa anak, sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dilaluinya. Mitra dalam IbM ini adalah Guru dan para orang tua wali murid di TK Dayyinah Kids 2 Rumbai yang mendampingi anak dalam masa belajar dirumah atau daring selama masa pandemi covi – 19. Permasalahan yang ditemukan yaitu Guru dan orang tua belum memahami tentang Pelaksanaan asesmen perkembangan anak dalam pembelajaran daring Adapun solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul IbM adalah sosialisai pelaksanaan asesmen perkembangan anak dalam pembelajaran daring. Setelah kegiatan IbM ini diharapkan Guru dan para orang tua mampu melaksanakan asesmen perkembangan anak dengan baik dan tepat. Adapun hasil dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu meningkatnya pemahaman orang tua dan guru di TK Dayyinah Kids mengenai pelaksanaan asesmen perkembangan anak selama pembelajaran daring. pemahaman tentang asesmen perkembangan anak dalam pembelajaranb daring bagi guru dan orang tua setelah dilaksanakan kegiatan sosialisai mengalami peningkatan signifikan dengan kenaikan persentase sebesar 33.13%.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
- Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam setting Pendidikan Inklusi).Bandung: PT Refika Aditama.
- Brewer, Jo Ann &Miller, Patricia H., (2007), Introduction to Early Childhood Education,Boston:Allyn And Bacon.
- Damayanti, E., Hartika, A.S., Herawati, Lisna, Jannah R., Pratiwi, S.I., 2018, Menejemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa, Indonesian Journal of Early Childhood Education, Vol I, No, I, hlm 13-24
- Fridani, Lara, Sri Wulan, dan Sri Indah Pujiastuti. 2008. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publising.
- Qalbi, Z., Marlina, S., Febryan Putera, R., Hidayati, I., & Eka Daryati, M. (2020). Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Bercerita di TK Negeri 1 Padang Baru. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.1013
- Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.
- Nawawi, Hadari. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.
- Wijayani N A (2015). Manajemen PAUD Bermutu Konsep dan Praktik MMT di KB, RA/TK (Cetakan ke 1). Yogyakarta : Gava Media.
References
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam setting Pendidikan Inklusi).Bandung: PT Refika Aditama.
Brewer, Jo Ann &Miller, Patricia H., (2007), Introduction to Early Childhood Education,Boston:Allyn And Bacon.
Damayanti, E., Hartika, A.S., Herawati, Lisna, Jannah R., Pratiwi, S.I., 2018, Menejemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa, Indonesian Journal of Early Childhood Education, Vol I, No, I, hlm 13-24
Fridani, Lara, Sri Wulan, dan Sri Indah Pujiastuti. 2008. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publising.
Qalbi, Z., Marlina, S., Febryan Putera, R., Hidayati, I., & Eka Daryati, M. (2020). Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Bercerita di TK Negeri 1 Padang Baru. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.1013
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.
Nawawi, Hadari. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.
Wijayani N A (2015). Manajemen PAUD Bermutu Konsep dan Praktik MMT di KB, RA/TK (Cetakan ke 1). Yogyakarta : Gava Media.