Main Article Content

Abstract

Pada hakikatnya PAUD adalah tempat anak bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Oleh karena itu setiap pembelajaran harus menyenangkan dan sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan menggunakan media pohon angka berbasis ICT. Manfaat media pohon angka yaitu mengasah otak anak, disini terlihat ketika anak menyusun angka sesuai dengan urutannya, melatih koordinasi mata dan tangan. Seiring dengan perkembangan zaman dan pendidikan masa depan, maka pemanfatan ICT harus dimulai semenjak anak usia dini. Penguasaan ICT hendaknya juga menjadi esensi dasar mengisi kehidupan yang sedang tumbuh dan berkembang. Untuk ini guru-guru PAUD hendaknya memegang prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini dalam mendesain program pengembangan pengajaran yang melibatkan ICT. Dalam kegiatan pengabdian ini, yang menjadi persoalan adalah masih rendahnya pemahaman guru-guru di PAUD Unilak Golden School tentang penggunaan media pembelajaran yang berbasis ICT. Adapun solusi yang diberikan oleh Tim pengabdian adalah sosialisasi penggunaan media pembelajaran pohon angka berbasis ICT. Hasil dari pengabdian ini yaitu terdapat peningkatan pengetahuan bagi guru terhadap penggunaan media pembelajaran pohon angka berbasis ICT.

Keywords

ICT PAUD Pohon Angka.

Article Details

How to Cite
Reswita, R., Efastri, S. M., & Novitasari, Y. (2021). SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON ANGKA BERBASIS ICT BAGI GURU-GURU DI PAUD UNILAK GOLDEN SCHOOL. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19042

References

  1. Jessica. 2018. Pohon Angka, Cara Mudah Mengajari Anak TK Berhitung. https://www.educenter.id/pohon-angka-cara-mudah-mengajari-anak-tk-berhitung/
  2. Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
  3. Rosdiani, Luh Putu Dian, dkk. 2014. Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2(1), 31-40.
  4. Http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3094
  5. Sharon dkk. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pemebeajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  6. Saparahayuningsih, Sri dkk. (2021). Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Pengembangan Motorik Halus Anak Padaguru-Guru Paud Gugus Mawar Merah. Jurnal ABDI PAUD, 2(1), 10-15