Main Article Content
Abstract
Pada hakikatnya PAUD adalah tempat anak bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Oleh karena itu setiap pembelajaran harus menyenangkan dan sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan menggunakan media pohon angka berbasis ICT. Manfaat media pohon angka yaitu mengasah otak anak, disini terlihat ketika anak menyusun angka sesuai dengan urutannya, melatih koordinasi mata dan tangan. Seiring dengan perkembangan zaman dan pendidikan masa depan, maka pemanfatan ICT harus dimulai semenjak anak usia dini. Penguasaan ICT hendaknya juga menjadi esensi dasar mengisi kehidupan yang sedang tumbuh dan berkembang. Untuk ini guru-guru PAUD hendaknya memegang prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini dalam mendesain program pengembangan pengajaran yang melibatkan ICT. Dalam kegiatan pengabdian ini, yang menjadi persoalan adalah masih rendahnya pemahaman guru-guru di PAUD Unilak Golden School tentang penggunaan media pembelajaran yang berbasis ICT. Adapun solusi yang diberikan oleh Tim pengabdian adalah sosialisasi penggunaan media pembelajaran pohon angka berbasis ICT. Hasil dari pengabdian ini yaitu terdapat peningkatan pengetahuan bagi guru terhadap penggunaan media pembelajaran pohon angka berbasis ICT.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Jessica. 2018. Pohon Angka, Cara Mudah Mengajari Anak TK Berhitung. https://www.educenter.id/pohon-angka-cara-mudah-mengajari-anak-tk-berhitung/
- Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
- Rosdiani, Luh Putu Dian, dkk. 2014. Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2(1), 31-40.
- Http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3094
- Sharon dkk. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pemebeajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Saparahayuningsih, Sri dkk. (2021). Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Pengembangan Motorik Halus Anak Padaguru-Guru Paud Gugus Mawar Merah. Jurnal ABDI PAUD, 2(1), 10-15
References
Jessica. 2018. Pohon Angka, Cara Mudah Mengajari Anak TK Berhitung. https://www.educenter.id/pohon-angka-cara-mudah-mengajari-anak-tk-berhitung/
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing
Rosdiani, Luh Putu Dian, dkk. 2014. Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2(1), 31-40.
Http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3094
Sharon dkk. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pemebeajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Saparahayuningsih, Sri dkk. (2021). Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Pengembangan Motorik Halus Anak Padaguru-Guru Paud Gugus Mawar Merah. Jurnal ABDI PAUD, 2(1), 10-15