Main Article Content
Abstract
PAUD teachers who are members of the PKG Ca Nai Cibal are still low in using and creating a variety of learning media. This results in learning not being stinging and boring for children. One of the activities that can be done so that learning is more intense is the activity of folding paper. This activity can improve the motoric delicacy of children. In the activity of folding paper a lot of media that can be created by children both make rats, cats and various other animals. Through paper folding activities it is hoped that PAUD teachers at PKG ca Nai Cibal will be more creative in creating learning media so that learning is more enjoyable.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284
- Ningtyas, T. P. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Melipat (Origami) Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini.
- Nuryana, E., & Reza, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok Bermain P8utra Bangsa Dlanggu. PAUD Teratai.
- Purnamasari, N. K. N., Negera, I. G. A. O., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas ( Origami ) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. E-Journal PG-PAUD.
- Sarnawati, S., & Arvyaty, A. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui keterampilan melipat kertas. Jurnal riset golden age PAUD UHO. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8305
- Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. Jurnal AUDI. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736
- Sumedi P Nugraha dan Davina Muliatsih. (2013). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/7875-14601-1-PB.pdf
- Thakur, R., & Natale, A. (2009). Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Cardiology Clinics.
- Umy Kha. (2021). Manfaat Bermain Melipat Kertas bagi Anak. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170608080642/Manfaat-Bermain-Melipat-Kertas-bagi-Anak
- Wiyati, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Melipat dengan Media Kertas Warna-Warni Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.524
References
Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284
Ningtyas, T. P. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Melipat (Origami) Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Mojosari. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini.
Nuryana, E., & Reza, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok Bermain P8utra Bangsa Dlanggu. PAUD Teratai.
Purnamasari, N. K. N., Negera, I. G. A. O., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas ( Origami ) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. E-Journal PG-PAUD.
Sarnawati, S., & Arvyaty, A. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui keterampilan melipat kertas. Jurnal riset golden age PAUD UHO. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8305
Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. Jurnal AUDI. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736
Sumedi P Nugraha dan Davina Muliatsih. (2013). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/7875-14601-1-PB.pdf
Thakur, R., & Natale, A. (2009). Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Cardiology Clinics.
Umy Kha. (2021). Manfaat Bermain Melipat Kertas bagi Anak. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20170608080642/Manfaat-Bermain-Melipat-Kertas-bagi-Anak
Wiyati, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Melipat dengan Media Kertas Warna-Warni Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.524