Main Article Content
Abstract
Keterlibatan orang tua secara aktif dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam memanajemen pembelajaran yang dilakukan oleh anak merupakan hal yang sangat penting. Namun terkadang, beberapa kendala seperti keterbatasan pengetahuan serta kesibukkan orang tua sehingga orangtua menyerahkan seutuhnya tanggungjawab dalam pembelajaran kepada guru disekolah. Kadang karna kurangnya komunikasi sering terjadi miskomunikasi antara guru dan orang tua tentang pembelajaran yang dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah.
Manajemen pembelajaran yang baik sangat penting agar kegiatan pembelajaran tidak hanya dilaksanakan disekolah namun dapat dilaksanakan diluar sekolah maupun dirumah dalam pengasuhan serta pantauan orangtua. Orang tua ikut berpartisiapsi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah ketika ada kegiatan yang dilaksanakan oleh guru untuk orang tua dan anak. Adapun solusi yang ditawarkan yaituParentingManajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Keluarga di Paud As Sakinah Pekanbaru. Melalui kegiatan ini diharapkan orang tua dapat menyadari pentingnya peranan orang tua di lingkungan keluarga dalam memanajemen pembelajaran yang dilakukan oleh anak agar hubungan anak dan orang tua lebih dekat serta anak akan termotivasi menunjukkan kemampuan yang dimiliki dalam pembelajaran yang dilakukan disekolah maupun di luar sekolah.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Algozzine, Gretes, dan Queen. 2007. “Beginning Teachers’ Perceptions of Their Induction Program Experiences”. International Journal of Academic Research Library Vol. 80, Iss. 3; pg. 137, 7 pgs.
- Audra Parker, Stacey Neuharth-Pritchett. 2006. “Developmentally Appropriate Practice in Kindergarten: Factors Shaping Teacher.” Journal of Research in Childhood Education; Fall 2006; 21, 1; Academic Research Library pg. 65.
- Catron, C.E. & Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey : Merill, Prentice-Hall.
- Depdiknas, 2009. Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Jakarata.
- Dunn, Cheryl L., J. Owen Cherrington, Annita S. Hollander. 2005. Enterprise Information System, A Pattern-Bassed Approach. Edisi Ketiga, Newyork : Mc-Graw-Hill.
- Departemen Pendidikan Republik Indonesia. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Galuh, dkk. 2013 Panduan Pengembangan Kurikulum PAUD, Solo : Solopos Ceria.
- Logue, Mary E. 2007. “Early Childhood Learning Standards: Tools for Promoting Social and Academic Success in Kindergarten.” Children & Schools; Jan 2007; 29, 1; ProQuest Education Journals. pg. 35.
References
Algozzine, Gretes, dan Queen. 2007. “Beginning Teachers’ Perceptions of Their Induction Program Experiences”. International Journal of Academic Research Library Vol. 80, Iss. 3; pg. 137, 7 pgs.
Audra Parker, Stacey Neuharth-Pritchett. 2006. “Developmentally Appropriate Practice in Kindergarten: Factors Shaping Teacher.” Journal of Research in Childhood Education; Fall 2006; 21, 1; Academic Research Library pg. 65.
Catron, C.E. & Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey : Merill, Prentice-Hall.
Depdiknas, 2009. Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Jakarata.
Dunn, Cheryl L., J. Owen Cherrington, Annita S. Hollander. 2005. Enterprise Information System, A Pattern-Bassed Approach. Edisi Ketiga, Newyork : Mc-Graw-Hill.
Departemen Pendidikan Republik Indonesia. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Galuh, dkk. 2013 Panduan Pengembangan Kurikulum PAUD, Solo : Solopos Ceria.
Logue, Mary E. 2007. “Early Childhood Learning Standards: Tools for Promoting Social and Academic Success in Kindergarten.” Children & Schools; Jan 2007; 29, 1; ProQuest Education Journals. pg. 35.