Main Article Content
Abstract
Hadirnya Teknologi digital berbasis revolusi industry 4.0 memberikan keuntungan dan menawarkan banyak peluang pada dunia tanpa batas yang belum pernah ada sebelumnya. Namun juga mempunyai berbagai dampak buruk jika tidak diiringi pengetahuan dan kecakapan yang cukup. Sistem pembelajaran dan sistem multi media yang dapat menunjang perubahan sistem pendidikan yang klasik menjadi sebuah pembelajaran berbasis online dengan sistem pola pembelajaran e-learning dan virtual meeting, dan ini merupakan tantangan super baru dalam kancah dunia Pendidikan. Namun demikian diperlukan literasi digital bagi guru, orang tua dan anak agar tujuan pemanfaatan digitalisasi dalam pembelajaran tercapai dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pada pendidikan PAUD, anak lebih diperkenalkan pada realitas hidup bersama yang mempunyai aturan dan nilai hidup. Proses ini dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan yang membuat anak senang dan merasakan kebaikan dan tatanan serta nilai hidup tersebut. Namun disituasi dan kondisi berbeda guru tetap dituntut menyuguhkan pembelajaran bermakna untuk anak, tatap muka ataupun kelas yang mengudara dengan pemanfaatan digital. Untuk itu diperlukan literasi digital bagi orang tua, guru dan siswa agar dapat saling mendukung dan melakukan peranannya masing-masing dalam pemanfaatan digital sehingga pembelajaran dapat berjalan baik sesuai perencanaan dan dapat mencapai perkembangan optimal.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Ardy, Wiyani dan Nova. 2012. .Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta : Ar-ruzz Media.
- Hamali, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hidayat, Otib Satibi. 2008. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sujiono, Nurani Yuliani. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
References
Ardy, Wiyani dan Nova. 2012. .Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta : Ar-ruzz Media.
Hamali, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Otib Satibi. 2008. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujiono, Nurani Yuliani. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka