Main Article Content

Abstract

Strategi pembelajaran sebagai segala usaha guru dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebagai Mitra Dalam Pelaksanaan Program PKM ini adalah PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Berdasarkan analisis situasi dapat teridentifikasi beberapa permasalahan yang dihadapai oleh mitra, yaitu: Kurangnya pengetahuan pendidik dalam menerapkan strategi pembelajaran tatap muka terbatas. belum adanya pendampingan penerapan strategi pembelajaran tatap muka terbatas. Oleh sebab itu, kami tergerak untuk memberikan pendampingan penerapan strategi pembelajaran tatap muka terbatas agar Pendidik PAUD tersebut memiliki pengetahuan. Adapun mekanisme pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini memeiliki beberapa langkah yang terdiri dari 4 tahapan kegiatan; perencanaan, pelaksanaan, monitoring kegiatan, dan evaluasi. Setelah mengikuti kegiatan  pengabdian masyarakat ini peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih banyak lagi khususnya penerapan strategi pembelajaran tatap muka terbatas.

 

Keywords

Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Article Details

Author Biographies

Azlin Atika Putri, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Adolf Bastian, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Reswita Reswita, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
How to Cite
Putri, A. A., Bastian, A., & Reswita, R. (2022). PENDAMPINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI PAUD KASIH IBU RUMBAI. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v3i1.22373

References

  1. Beatty, A, Pradhan M, Suryadarma D, Tresnatri FA, Dharmawan GF. (2020) Memulihkan penurunan kemampuan siswa saat sekolah di
  2. Indonesia dibuka kembali: pedoman bagi pembuat kebijakan. Policy Brief, Program RISE di Indonesia
  3. Carrilo, C, dan Flores MA (2020) COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices, European Journal of Teacher Education’ vol.43:4, pp.466-487
  4. Engzell P, Frey A, dan Verhagen, MD (2021), Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. PNAS’ Vol.118 No.17
  5. Jared Stein and Charles R. Graham 2014, “Essential for Blended Learning: A Standards Based Guide”.
  6. Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 dan Nomor 440-717 tahun 2021 Tentang Panduan penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
  7. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat COVID-19