Main Article Content
Abstract
Penguasaan proses sains untuk anak usia dini bila tidak dilakukan secara berulang-ulang dengan langkah-langkah yang ada dalam kegiatan sains memiliki kendala dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak dan proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan. Pentingkan kegiatan pengabdian masyarakat ini agar memberikan edukasi dan praktik langsung penerapan proses sains untuk anak usia dini. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk mengedukasi guru PAUD dalam kegiatan: a) Kemampuan mengamati (observasi), b) Mengklasifikasikan atau melakukan pengelompokkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah a) Pelatihan yang disertai dengan demonstrasi proses sains, b) Percontohan untuk menghasilkan keterampilan guru menpraktikkan proses sains, c) Praktik langsung yang dilakukan oleh anak dalam menjalankan semua tahapan pengimplimentasian proses sains. Hasil kegiatan pengabdian ini berupa proses sains diantaranya adalah: a) Kemampuan mengamati (observasi) dapat disimulasi melalui kegiatan: 1) Menunjukkan gambar bahan dan alat yang digunakan, 2) Menyebutkan bahan dan alat yang digunakan, 3) Menghitung bahan dan alat yang digunakan. b) Mengklasifikasikan (menggolongkan) dapat disimulasi melalui kegiatan: 1) Menyebutkan jenis benda, 2) Menyebutkan penyebab terjadinya sesuatu, 3) Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya suatu peristiwa
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).