Main Article Content

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk perkembangan anak selanjutnya. Oleh sebab itu dibutuhkan profesionalisme guru dalam menjalankan pendidikan untuk anak usia dini sehingga pelatihan program parenting untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD sangatlah dibutuhkan. Adapun kompetensi


yang harus dimiliki oleh guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesionalisme dan kompetensi sosial. Dengan adanya beberapa kompetensi ini diharapkan agar guru dapat mengenal peserta didik yang dilayaninya secara mendalam.


Tujuan yang ditargetkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbangunnya pengetahuan dan pemahaman guru atau pendidik PAUD mengenai pentingnya program parenting di sekolah, meningkatnya keterampilan guru atau pendidik PAUD dalam mengembangkan program parenting di sekolah/PAUD, tersusunnya program parenting di sekolah masing-masing sesuai dengan kondisi dan terimplementasikannya program parenting di sekolah/PAUD di sekolah masing-masing. Dalam sosialisasi ini diberikan pengetahuan secara teoritis dan praktis. Pengetahuan teoritis berkenaan dengan gambaran umum tentang strategi belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan parenting tanpa memperhatikan perbedaan bidang ilmu yang digelutinya. Sedangkan kegiatan praktisnya dilaksanakan dengan pemberian tugas latihan kepada peserta sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Dalam kegiatan latihan dilakukan pembimbingan oleh tim, sampai pada setiap peserta menghasilkan kegiatan yang menggunakan program parenting.


Kegiatan PKM berjalan lancar dan sesuai dengan susunan kegiatan yang direncanakan sebelumnya. Peserta juga dapat mengikuti kegiatan dengan baik dari awal hingga selesai. Kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Payung Sekaki pada hari Rabu tanggal 13 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru PAUD sebanyak 15 orang. Pemahaman guru tentang program parenting meningkat dari sebelum diadakan sosialisasi dengan rata-rata sebesar 57.33 % dengan kriteria Cukup Baik ke sesudah diberikan sosialisasi yaitu sebesar 70.71 % dengan kriteria Baik.

Article Details

Author Biographies

Adolf Bastian, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

Heleni Filtri, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

Reswita, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning

How to Cite
Bastian, A., Filtri, H., & Reswita. (2023). SOSIALISASI PROGRAM PARENTING UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAUD DI KECAMATAN PAYUNG SEKAKI . Jurnal ABDI PAUD, 4(1), 6–11. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v4i1.28314