Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan penyuluhan kepada guru dan orang tua anak di PAUD Mutiara Bunda. Permasalahan pada kegiatan ini adalah banyak orang tua yang memiliki anak usia dini dan sekolah di TK tidak memahami pola pengasuhan anak usia dini sehingga sering menyalahkan guru jika ada anak yang belum mampu untuk membaca, menulis dan berhitung (calistung). Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah PAUD Mutiara Bunda Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat dengan sasaran kegiatan adalah para guru dan orang tua. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi pentingnya memahami pola pengasuhan anak usia dini dan pelatihan yang ditujukan bagi guru. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan pemahaman orang tua dan guru menjadi semakin meningkat dan baik. Pengasuhan positif merupakan pengasuhan yang dilakukan berdasarkan kasih sayang, saling menghargai, terbangunnya hubungan yang hangat, bersahabat dan ramah antara anak dan orang tua, serta menstimulasi tumbuh kembang anak, agar optimal. Pengasuhan yang menggunakan pendekatan dengan mengedepankan penghargaan, pemenuhan dan pelindungan hak anak, mengedepankan kepentingan terbaik anak.

Article Details

Author Biographies

Zahratul Qalbi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Delrefi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

How to Cite
Qalbi, Z., & Delrefi. (2023). POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN TALANG EMPAT KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Jurnal ABDI PAUD, 4(1), 23–28. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v4i1.28457