Main Article Content
Abstract
Pembelajaran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) menjadi wadah bagi anak-anak untuk mempelajari
ilmu agama islam dan menjadi pondasi pendidikan akhlaq budi pekerti bagi anak. Dalam pembelajaran
saat ini, sebagian besar menggunakan tilawati sebagai media ajar. Ilmu tajwid adalah suatu cabang
pengetahuan untuk mempelajari cara-cara membaca alquran dengan baik dan benar. Tujuan dari
implementasi “Tilawati Tajwid” ini adalah untuk meningkatkan wawasan anak serta guru di Taman
Pendidikan Quran (TPQ) dalam memahami materi tajwid dengan mudah menggunakan media IT berupa
mobile apps disertai metode drilling. Mitra dari kegiatan ini adalah guru dan murid di TPQ Abdul Aziz, Perak, Jombang. Hasil dari implemetasi “Tilawati Tajwid” disambut baik oleh guru dan juga anak-anak di
TPQ Abdul Aziz, yang mana selama kegiatan berlangsung guru dan anak-anak sangat antusias dan
bersemangat. Mereka sangat tertarik dengan “Tilawati Tajwid” secara keseluruhan sehingga membuat
proses pembelajaran menjadi asik dan juga materi menjadi lebih mudah dipahami. Harapannya “Tilawati
Tajwid” tidak hanya dipelajari di dalam pengajian saja tetapi juga dapat dipelajari dirumah karena disertai
dengan mobile apps yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Sehingga materi tajwid dapat tertanam
dengan baik dan membuat guru dan anak dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar menggunakan
ilmu tajwid yang tepat
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).