Main Article Content

Abstract

Pembelajaran di Taman Pendidikan Quran (TPQ) menjadi wadah bagi anak-anak untuk mempelajari
ilmu agama islam dan menjadi pondasi pendidikan akhlaq budi pekerti bagi anak. Dalam pembelajaran
saat ini, sebagian besar menggunakan tilawati sebagai media ajar. Ilmu tajwid adalah suatu cabang
pengetahuan untuk mempelajari cara-cara membaca alquran dengan baik dan benar. Tujuan dari
implementasi “Tilawati Tajwid” ini adalah untuk meningkatkan wawasan anak serta guru di Taman
Pendidikan Quran (TPQ) dalam memahami materi tajwid dengan mudah menggunakan media IT berupa
mobile apps disertai metode drilling. Mitra dari kegiatan ini adalah guru dan murid di TPQ Abdul Aziz, Perak, Jombang. Hasil dari implemetasi “Tilawati Tajwid” disambut baik oleh guru dan juga anak-anak di
TPQ Abdul Aziz, yang mana selama kegiatan berlangsung guru dan anak-anak sangat antusias dan
bersemangat. Mereka sangat tertarik dengan “Tilawati Tajwid” secara keseluruhan sehingga membuat
proses pembelajaran menjadi asik dan juga materi menjadi lebih mudah dipahami. Harapannya “Tilawati
Tajwid” tidak hanya dipelajari di dalam pengajian saja tetapi juga dapat dipelajari dirumah karena disertai
dengan mobile apps yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Sehingga materi tajwid dapat tertanam
dengan baik dan membuat guru dan anak dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar menggunakan
ilmu tajwid yang tepat

Article Details

Author Biographies

Ananda Regita Romadhona, STKIP PGRI Jombang

 STKIP PGRI Jombang

Nuri Aisyah Aneka Sari, STKIP PGRI Jombang

STKIP PGRI Jombang

Arizqa Diani Sabillah, STKIP PGRI Jombang

STKIP PGRI Jombang

Mahda Alvianita, STKIP PGRI Jombang

STKIP PGRI Jombang

Ima Chusnul Chotimah, STKIP PGRI Jombang

STKIP PGRI Jombang

How to Cite
Romadhona, A. R., Sari, N. A. A., Sabillah, A. D., Alvianita, M., & Chotimah, I. C. (2023). IMPLEMENTASI “TILAWATI TAJWID” BUKU TILAWATI TAJWID METODE DRILLING BERBASIS MOBILE APPS DI TPQ ABDUL AZIZ. Jurnal ABDI PAUD, 4(2), 29–34. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v4i2.31981