Main Article Content

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Padang dan
Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Permasalahan pada saat ini adalah pemerintah
mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan penyuluhan kepada
mahasiswa dan guru-guru Taman kanak-kanak tentang pentingnya pembelajaran berbasi HOTS (High
Order Thinking Skills) pada abad ke-21 untuk diterapkan di sekolah. Kegiatan ini diberikan kepada guru
dan mahasiswa sebanyak 52 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juni 2023. Target
luaran dari kegiatan ini adalah berita di media massa dan video kegiatan yang di upload di youtube.
Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 edisi revisi menuntut siswa untuk dapat cakap
berpikir tingkat tinggi (High Order Thingking). Sistem pembelajaran dirancang sesuai dengan tuntutan
abad ke-21 menekankan bahwa kompetensi pada abad ke-21 berbasis pada 4C meliputi Berpikir Kritis
(critical thingking), kerjasama (collaboration), komunikasi (communication), dan kreativitas (creativity).

Article Details

Author Biographies

Rafhi Febryan Putera, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Delrefi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Zahratul Qalbi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Wembrayarli, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

How to Cite
Putera, R. F., Delrefi, Qalbi, Z., & Wembrayarli. (2023). PENYULUHAN TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) . Jurnal ABDI PAUD, 4(2), 48–51. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v4i2.32175