Main Article Content
Abstract
Kurikulum merdeka belajar sudah dilaksanakan di berbagai unit satuan pendidikan di Indonesia mulai dari
SD sampai SMA. Fakta di lapangan menyatakan bahwa belum semua pemangku kepentingan memahami
tentang implementasi kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu tim pengabdian Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang telah melakukan pengabdian masyarakat di Sanggar
kegiatan Belajar (SKB) II Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dimana pengabdian ini bertujuan untuk
mensosialisasikan kurikulum merdeka belajar bagi guru- guru kesetaraan. Pengabdian ini mendapat
respon yang baik dan diapresiasi oleh Kepala SKB II Sungai Tarab. Hasil yang diperoleh dari pengabdian
ini adalah sebesar 60 % peserta menyatakan sangat puas dan 30 % peserta meyatakan puas dengan adanya
pengabdian ini. Diharapkan melalui kegiatan ini terjalin kerja sama antara pihak universitas dengan pihak
SKB untuk mengembangkan kualitas guru demi terciptanya pendidikan yang berkualitas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).