Main Article Content
Abstract
Pendidikan dan kebersihan lingkungan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kualitas
hidup anak-anak di Sekolah Dasar (SD). pengabdian masyarakat di SD Swasta Mawar Sharon bertujuan
untuk mengoptimalkan kegiatan membaca dan pemeliharaan kebersihan lingkungan melalui pendekatan
pembentukan Rumah Belajar. Melibatkan siswa, guru, orangtua, dan masyarakat, Rumah Belajar
diharapkan menjadi ruang interaktif yang merangsang minat membaca dan kesadaran akan kebersihan
lingkungan. Penelitian ini mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas Pendekatan Pembentukan Rumah
Belajar dalam meningkatkan kegiatan membaca siswa serta kesadaran dan tindakan menjaga kebersihan
lingkungan. Metode pelaksanaan mencakup jadwal tatap muka, pelaksanaan kegiatan oleh tim KPPM, dan
evaluasi hasil kegiatan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa
dan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Dampaknya mencakup peningkatan akademis, kesehatan, dan
sosial, sementara pembahasan menyoroti pentingnya literasi dini, metode pengajaran interaktif, dan
dukungan orang tua. Kesimpulannya, kegiatan ini memberikan kontribusi positif pada literasi dan
kebersihan lingkungan di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar, dengan peran penting pendidikan
awal, metode pengajaran, dan partisipasi orang tua.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).