Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelatihan penggunaan smartphone bagi orang tua anak usia dini (AUD) di Desa Nao Paroki Langke Majok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kualitas hidup orang tua AUD serta mendukung perkembangan anak-anak mereka melalui pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, penyusunan materi pelatihan, metode partisipatif, pendekatan praktis, pendampingan dan pembimbingan, evaluasi, serta kolaborasi dengan pihak terkait. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi digital peserta. Mereka menjadi lebih terampil dalam menggunakan smartphone, mengakses aplikasi pendidikan, dan berkomunikasi secara efektif melalui platform digital. Selain itu, para peserta juga memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang manfaat teknologi dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan keluarga.


Pelatihan ini juga berdampak pada peningkatan koneksi sosial peserta, membuka peluang untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan dari komunitas sejenis. Dalam konteks pendidikan, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, dengan orang tua yang dapat lebih aktif dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Kesimpulannya, pelatihan penggunaan smartphone bagi orang tua AUD di Desa Nao Paroki Langke Majok memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan literasi digital, koneksi sosial, dan kualitas pendidikan anak-anak. Inisiatif semacam ini memiliki potensi besar untuk membantu mengurangi kesenjangan digital dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

Article Details

How to Cite
VISTA BANGGUR, M. D., IGNASIUS FEBRYANTO RIVELINO BORA, MARIA RAHAYU ANWAR, & ELISABETH SARINASTITIN. (2025). PELATIHAN PENGGUNAAN SMARTPHONE BAGI ORANG TUA AUD DI DESA NAO PAROKI LANGKE MAJOK . Jurnal ABDI PAUD, 5(2), 69–73. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v5i2.35451