Main Article Content
Abstract
Literasi numerasi merupakan bagian tak terpisahkan dari era 4.0. Literasi numerasi melibatkan kemampuan seseorang yang tidak hanya sekedar dapat menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi, tetapi juga mengelola dan memecahkan masalah terkait pengukuran, bangun ruang, data dan bilangan dalam berbagai konteks (Tout & Schmitt, 2002). Mengingat pentingnya kepemilikan kemampuan literasi numerasi ini, maka hendaknya numerasi ini dikenalkan pada anak sejak usia dini. Selain itu peran orang tua juga memiliki pengaruh yang sangat besar dan positif dalam pengembangan kemampuan literasi numerasi anak usia dini. Oleh sebab itu diharapkan orangtua terlibat dalam pengembangan literasi numerasi ini. Namun kenyataan di lapangan masih ditemuakan kurangnya pemahaman orangtua tentang peranannya dalam pengembangan literasi numerasi anak usia dini. Untuk itu tim pengabdian kepada masyarakat memberikan solusi dengan cara melakukan sosialisasi tentang peran orangtua dalam pengembangan literasi numerasi anak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TK Sun Global School Pekanbaru pada hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Setelah kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa terdapat peningkatan pemahaman orangtua tentang perannya dalam meningkatkan literasi numerasi anak usia dini. Sebelum diadakan sosialisasi, rata-rata pemahaman orangtua sebesar 47.9% dengan kriteria Cukup Baik. Setelah diadakan sosialisasi didapat rata-rata pemahaman orangtua sebesar 76.1% dengan kriteria Baik.
Article Details
Copyright (c) 2024 Reswita, Heleni Filtri, Adolf Bastian, Rislah Arini, Asyifa Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).