Main Article Content
Abstract
Pendidikan vokasi memiliki peran penting dalam mencetak lulusan yang siap kerja, namun masih menghadapi tantangan ketidaksesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri. Salah satu sektor yang membutuhkan inovasi pendidikan vokasi adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), terutama dalam pengembangan media pembelajaran interaktif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMK N 1 Pleret Bantul dalam pembuatan game edukatif berbasis Construct 2. Workshop ini melibatkan 30 siswa serta dosen dari Universitas Amikom, Politeknik Negeri Jember, dan Politeknik Negeri Malang. Metode yang digunakan meliputi ceramah, pelatihan langsung, serta bimbingan desain. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa memperoleh pemahaman dan keterampilan teknis dalam pembuatan game edukatif "Game Jumper", yang dirancang untuk mendukung tumbuh kembang anak PAUD. Selain itu, kegiatan ini membuka peluang kolaborasi antara siswa SMK dengan tenaga pendidik PAUD. Dengan demikian, pengabdian ini tidak hanya meningkatkan kompetensi siswa tetapi juga menunjukkan bahwa pendidikan vokasi dapat berkontribusi dalam sektor pendidikan anak usia dini, mendukung literasi digital, dan memperluas peluang kerja bagi lulusan SMK.
Article Details
Copyright (c) 2025 Fauzia Anis Sekar Ningrum, Ajie Kusuma Wardhana, Muhammad Ainul Fikri, Inggrid Yanuar Risca Partiwi, Yudha Riwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).