Main Article Content

Abstract

Literasi digital merupakan keterampilan esensial di era modern yang harus dikenalkan sejak usia dini.
Namun demikian, rendahnya pemahaman orang tua tentang peran mereka dalam membangun literasi digital
anak usia dini menjadi tantangan tersendiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan
peran keluarga dalam mendukung literasi digital melalui pendekatan parenting. Kegiatan dilaksanakan di
TK IT Model Madani Ar-Rahman dengan melibatkan 24 peserta yang terdiri dari orang tua dan pendidik.
Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, serta pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman.
Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman peserta dari 47,86% (cukup baik) menjadi
69,20% (baik) setelah sosialisasi. Temuan ini menunjukkan bahwa pelibatan keluarga melalui kegiatan
parenting mampu meningkatkan kesadaran dan peran aktif dalam membentuk budaya literasi digital pada
anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Reswita, Novitasari, Y., Aisyah, S., & Isdayanti. (2025). PARENTING: OPTIMALISASI PERAN KELUARGA DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI . Jurnal ABDI PAUD, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v6i1.42906