Main Article Content

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) dalam mengembangkan modul ajar berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology,
Engineering, Arts, and Mathematics) dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan
ini diikuti oleh 25 orang guru PAUD dari Himpaudi Kota Pekanbaru. Metode pelaksanaan dilakukan secara
partisipatif melalui pemaparan materi, diskusi, dan simulasi penyusunan modul ajar berbasis STEAM. Hasil
evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari hasil pre-test sebesar 58% menjadi 88% pada
post-test. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi berhasil meningkatkan pemahaman dan
keterampilan guru dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan
perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap
penguatan pembelajaran kontekstual dan inovatif di PAUD yang sejalan dengan kebijakan Kurikulum
Merdeka.
Kata Kunci : STEAM, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, PAUD.

Article Details

How to Cite
Fadillah, S., Suharni, & Filtri, H. (2025). SOSIALISASI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS STEAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI PAUD. Jurnal ABDI PAUD, 6(1), 35–41. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v6i1.43109