Main Article Content
Abstract
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) dalam mengembangkan modul ajar berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology,
Engineering, Arts, and Mathematics) dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan
ini diikuti oleh 25 orang guru PAUD dari Himpaudi Kota Pekanbaru. Metode pelaksanaan dilakukan secara
partisipatif melalui pemaparan materi, diskusi, dan simulasi penyusunan modul ajar berbasis STEAM. Hasil
evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari hasil pre-test sebesar 58% menjadi 88% pada
post-test. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi berhasil meningkatkan pemahaman dan
keterampilan guru dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan
perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap
penguatan pembelajaran kontekstual dan inovatif di PAUD yang sejalan dengan kebijakan Kurikulum
Merdeka.
Kata Kunci : STEAM, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, PAUD.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).